5 Handphone Dengan Kamera Terbaik 2018

Kamera Huawei P20 Pro

Berbagai merk sudah mengumumkan handphone terbaik. Spesifikasi dan fitur canggih hadir menggoda. Tapi ada satu hal yang sering jadi pertanyaan. Apa saja handphone kamera terbaik di tahun 2018?

Kamera ganda sedang menjadi tren. Paduan lensa wide-angle dan telephoto (atau dengan monochrome) menjadi andalan berbagai handphone flagship terkemuka. Walau begitu, tidak semua menggunakannya.

Bersamanya, efek bokeh (ruang tajam sempit) dan mode potret juga sering menjadi fitur yang jadi andalan. Keduanya memang punya sisi dramatis menarik. Membuat foto jadi tampak luar biasa.

Nah, kembali ke pertanyaan semula, apa handphone dengan kamera terbaik? Untungnya ada DxOMark, yang menguji kamera secara profesional sesuai standar industri. Mereka memberi rating sensor kamera dan lensa, termasuk juga kamera handphone.

BACA JUGA
Tips Fotografi Menggunakan Handphone

Daftar Handphone dengan Kamera Terbaik

Daftar ini akan mendapat update sesuai perkembangan rating dan uji kamera di DxOMark. Jadi, lebih dinamis sesuai kondisi dan rilis handphone terbaru.

1. Huawei P20 Pro

Huawei P20 Pro berhasil menggebrak teknologi kamera handphone. Dengan mengkombinasikan 3 kamera (RGB, monokrom, dan telephoto), handphone ini berhasil duduk di puncak klansemen dengan skor 109.

Sensor kamera utama sebesar 40MP dan dukungan dua kamera lain memberikan detil gambar yang luar biasa. Selain itu gradasi cahaya juga tampak lebih natural. Termasuk untuk bokeh, cahaya rendah, dan zoom. Apalagi Huawei P20 Pro punya 3x optical zoom dan 5x hybrid zoom (optical + digital).

Kelemahan kamera Huawei P20 Pro mungkin ada di warna. Dalam beberapa kasus ada kecenderungan mengarah ke nuansa warna merah muda atau oranye. Di website lain malah ada kasus warna merah berubah jadi magenta.

skor dxomark huawei p20 pro

2. Huawei P20

Kamera Huawei P20 tidak seperti P20 Pro. Handphone ini hanya menggunakan kombinasi kamera ganda (RGB dan monokrom). Skornya adalah 102 poin.

Walau begitu, Huawei P20 juga menghasilkan gambar dengan detil dan pencahayaan yang baik. Termasuk untuk zoom, efek bokeh, dan cahaya rendah.

Kelemahan kamera Huawei P20 tidak jauh dari P20 Pro. Dalam beberapa kasus tampak kemerahan dan kadang warnanya kurang cerah.

skor dxomark huawei p20

BACA JUGA
7 Kesalahan Saat Memotret Menggunakan Handphone

3. Samsung Galaxy S9 Plus

Handphone Samsung Galaxy S merupakan seri yang sering masuk jajaran handphone kamera terbaik. Begitu pun dengan Samsung Galaxy S9 Plus. Handphone ini meraih skor 99.

Hasil foto Samsung Galaxy S9 Plus memiliki ciri khas Samsung. Cerah dengan kontras yang halus. Kamera ganda yang dimilikinya juga sukses mendongkrak kualitas foto bokeh dan portrait mode.

Kelemahan kamera Samsung Galaxy S9 Plus terletak pada tekstur di pinggir obyek yang muncul karena efek halo. Kelemahan di detil dan tekstur juga muncul di hasil rekaman video.

skor dxomark samsung galaxy s9 plus

4. Google Pixel 2

Google Pixel 2, walau hanya punya satu kamera, berhasil menjadi handphone kamera terbaik di 2017. Ia mengalahkan semua pesaingnya dengan skor 98.

Kelebihan kamera Google Pixel 2: Jangkauan rentang dinamis visual, autofocus, white balance (indoor dan outdoor), menangkap detil obyek, efek bokeh yang baik (walau kalah dari iPhone 8 Plus), stabilisasi video, minimalisasi noise.

Sedangkan kekurangan Google Pixel 2: Kadang muncul flare dan flicker, kehilangan detil di zoom jarak menengah-jauh, mode potret kadang memunculkan noise, white balance kadang tidak stabil saat merekam video sambil bergerak.

skor handphone kamera terbaik 2017 google pixel 2

5. iPhone X

iPhone X menggunakan kamera ganda, sama seperti iPhone 8 Plus. Perbedaannya terletak pada kamera kedua di kamera ganda itu. iPhone X punya bukaan lebih besar dilengkapi OIS. Kamera depan juga dilengkapi berbagai teknologi yang tidak hanya mendukung Face ID, tapi juga membuat efek bokeh dan portrait mode lebih baik. iPhone X mendapat skor 97.

Kelebihan kamera iPhone X terletak pada kemampuannya memotret. Gambar tajam di dalam ruangan, dan foto ruang tajam sempit (efek bokeh) tampak natural. Portrait Mode di kamera depan juga menghasilkan foto liar biasa.

Kelemahan kamera iPhone X—kalau bisa disebut kelemahan—datang dari kualitas video yang tidak sebaik foto. Terutama dari cahaya rendah yang cenderung memunculkan noise dan autofocus yang tidak stabil.

skor kamera iphone x

BACA JUGA
Review Singkat Samsung Galaxy Note 8: Smartphone Untuk Orang Kreatif

Itulah beberapa handphone kamera terbaik di tahun 2018. Kalau kamu hobi mobile photography dan serius dengan hobi itu, silakan pilih mana yang menurutmu paling sesuai.

Sumber: DxOMark

Ada komentar?