Dark Mode Hadir di WhatsApp Beta. Kapan Rilis Resmi?

whatsapp dark mode android

WhatsApp memang sudah diketahui mencoba mode gelap sejak tahun lalu. Kali ini, dark mode di WhatsApp mendekati kenyataan dengan kehadirannya di versi Beta.

Mode gelap memang semakin disukai. Tampilan gelap aplikasi tidak membuat lelah mata, bisa sedikit menghemat baterai, dan bisa membuat aplikasi kelihatan lebih keren.

Dalam beberapa merek Android, dark mode secara menyeluruh sudah bisa dipakai, termasuk di WhatsApp. Misalnya realme 5 Pro atau ponsel yang sudah mendapat Android 10. Tentu kalau aplikasi aslinya mendukung mode gelap, penampilannya akan lebih baik.

Nah, pada aplikasi WhatsApp versi Beta terbaru (v.2.20.13) mode gelap ini sudah hadir. Artinya, sedang diuji coba sambil mengolah masukan dari pengguna versi Beta tersebut.

mode gelap whatsapp beta
Mode gelap di aplikasi WhatsApp Beta

Seperti aplikasi lain, kamu bisa mengaktifkan mode ini melalui halaman Setelan di aplikasi, masuk ke Percakapan, dan pilih mode gelap di bagian Tema.

Aplikasi WhatApp kemudian menjadi bernuansa gelap. Tapi bukan dark mode dengan warna hitam ala AMOLED. Lebih ke abu-abu tua, dengan aksen warna hijau khas WhatsApp masih ada, dan pengalihan warna teks dari hitam jadi putih. Yang kurang oke, kotak pesan milik kita berwarna hijau. 😐 

Hm, bagi yang sedikit rewel dengan mode gelap, mungkin nuansa seperti itu kurang memuaskan. Lihat saja protes yang terjadi pada aplikasi Twitter yang memberi mode gelap dengan nuansa biru tua. Setelah mendapat protes panjang, akhirnya Twitter pun memberikan dark mode ala AMOLED.

Sayangnya, belum ada informasi lebih jauh mengenai kapan dark mode di WhatsApp hadir di aplikasi resmi. Kalau kamu termasuk pengguna versi Beta, tentu kamu bisa mengunduh aplikasi WhatsApp dengan mode gelap ini di Google Play Beta Program. Tapi kalau tidak, tapi ingin mencoba, kamu bisa mengunduh APK aplikasi dan memasangnya di ponselmu.

via APK Mirror

%d blogger menyukai ini: