Fitur Dark Mode Microsoft Office Sekarang Ada di Document Juga

Fitur dark mode di Microsoft Word sekarang lebih luas. Kini mode gelap dalam Microsoft Word juga tersedia di bagian dokumen.

Tren mode gelap atau dark mode telah merambah ke berbagai aplikasi, baik aplikasi media sosial atau yang dipakai untuk menunjang produktivitas.

Microsoft Word sebagai salah satu aplikasi produktivitas yang banyak digunakan tentu butuh fitur ini. Tujuannya agar pengguna lebih betah berlama-lama memakai Word, sekaligus agar mata pengguna tidak cepat lelah.

Sadar akan masalah tersebut, Microsoft mengumumkan fitur dark mode untuk Word. Jika sebelumnya fitur ini hanya berfungsi di ribbon dan toolbars, maka sekarang mode gelap sudah tersedia pula di kanvas dokumen (document).

Dark Mode Microsoft Word Ada di Document

Dikutip dari XDA-Developers, Microsoft mengumumkan pembaruan fitur ini pada hari selasa. Microsoft mengatakan pentingnya mode gelap untuk pengguna.

β€œKetika kami menghabiskan waktu berjam-jam dengan layar, rasanya penting untuk mengurangi ketegangan mata dan mengakomodasi sensitivitas cahaya,” kata Microsoft.

β€œOleh sebab itu, kami telah memperluas tema Black Office untuk kanvas dokumen kalian. Ini adalah fitur yang telah lama diminta oleh pengguna. Kamu sangat senang bisa mewujudkannya,” sambungnya.

Nah, GIF di atas menunjukkan seperti apa mode gelap Microsoft yang telah diperbarui. Untuk mengakses fitur tersebut, klik β€œFile > Account > Office Theme > Black.”

Menariknya, pada tab β€œView” pengguna bisa mengubah background kanvas dokumen dari putih jadi hitam (atau sebaliknya). Ketika memilih tema gelap, Microsoft mengatakan warna dalam dokumen juga akan berubah sesuai kontras.

Sebenarnya ada keuntungan tersendiri ketika melihat dokumen tanpa menerapkan mode gelap. Itu karena kanvas putih menggambarkan bagaimana orang lain akan melihatnya secara default (misal saat kita mengirimkannya ke orang lain).

Tapi karena pengguna bisa mengubah warna kanvas sesuai selera, maka itu bukan masalah. Oya, pengguna juga bisa menonaktifkan kanvas gelap sepenuhnya lho. Caranya dengan klik β€œFile > Options > General > Personalization.”

Perubahan mode gelap Word sementara ini tersedia untuk pengguna Insider Beta Channel yang menjalankan versi 2012 (Build 13518.10000).

Fitur ini akan diluncurkan secara perlahan ke Insiders. Jika pengujian berjalan dengan baik, mungkin kita akan melihat versi akhir fitur ini secepatnya.

%d blogger menyukai ini: