Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Realme 8 Debut Dengan Kamera 64MP dan 108MP di Versi Pro

Anom Penulis

Seri smartphone terbaru realme 8 melakukan debut di India. Dengan rilis kali ini, versi realme 8 Pro pun menjadi ponsel pertama realme yang membawa kamera 108MP.

Sensor 108MP beserta berbagai fitur barunya memang sudah pernah kita saksikan ketika realme menggelar peresentasi online Camera Innovation Event 2021.” Toh setelah realme mengumumkan secara resmi seri 8 ini, kita bisa melihat berbagai aspek lain dengan lebih jelas.

Sejauh ini, seri yang cuma menyematkan angka ini terbukti menjadi salah satu ponsel favorit di kelas menengah. Keseimbangan antara spesifikasi dan harga menjadi kunci suksesnya. Bagaimana dengan seri 8 ini?

Desain Baru Lebih “Berani”

Kedua smartphone ini, baik yang versi standar dan yang Pro, memiliki desain yang cukup serupa. Keduanya sama-sama punya lubang kamera di layar dan sama-sama punya modul quad-camera di belakang berbentuk kotak.

  • realme 8 Cyber Black
  • realme 8 Cyber Silver

Desain bagian belakang keduanya pun mirip. Sama-sama menyandang tulisan “DARE TO LEAP” besar di salah stau sisi. Mungkin ada yang kurang suka dengan penampilan ini. Yah, kamu toh bisa menutupnya dengan casing.

Bedanya, realme 8 membungkus tulisan itu dengan kotak yang mengkilap dengan pendar pelangi (casing, bruh…). Sementara realme 8 Pro hadir dengan lebih elegan.

Spesifikasi realme 8 dan Pro Beda Tipis

Baik realme 8 versi standar maupun versi Pro juga memiliki spefisikasi yang lemayan mirip. Ada beberapa hal yang sama di antara keduanya.

Keduanya sama-sama punya layar super AMOLED berukuran 6,4 inci. Layar ini memiliki resolusi FHD+ dan mendukung fitur Always On Display. Keduanya juga sama-sama punya sensor sidik jari di layar, slot dual SIM + microSD, USB type-C, dan tanpa colokan audio.

  • realme 8 Pro Infinite Blue
  • realme 8 Pro Infinite Black
  • Infinite Yellow

Bagaimana dengan perbedaannya?

Baca Juga:  Rumor Xiaomi 13 Pro Punya Spesifikasi Mengesankan, Pakai Layar 2K LTPO!

Versi standar menggunakan chipset MediaTek Helio G95, sedangkan versi Pro memakai Qualcomm Snapdragon 720G. Lalu untuk kamera, versi standar memiliki kamera utama 64MP, sedangkan versi Pro menggunakan sensor 108MP.

Perbedaan juga ada di baterai. Ada baterai 5000mAh dengan Dash Charge 30W untuk versi standar, dan baterai 4500mAh untuk versi Pro dengan Dash Charge 50W.

Ketersediaan

Yah, saat ini realme 8 beserta versi Pro-nya baru saja debut di India. Tapi jangan kuatir, tidak lama lagi pasti akan mampir di Indonesia.

Nah, seperti bisa kamu lihat pada gambar di atas, realme 8 tersedia dalam dua pilihan warna: Cyber Black dan Cyber Silver. Sementara versi Pro hadir dalam tiga varian warna: Infinity Blue, Infinity Black, dan Infinity Yellow.

Selain itu, realme 8 tersedia dalam pilihan kombo RAM dan penyimpanan: 4Gb+128GB, 6GB+128GB, dan 8GB+128GB. Sementara realme 8 Pro tersedia dalam pilihan kombo 6GB+128GB dan 8GB+128GB.