Fotor: Bikin Desain dan Edit Foto Jadi Lebih Mudah

Anom Penulis

Kali ini kami mau membahas soal aplikasi desain dan edit foto, Fotor. Aplikasi ini sudah terkenal sebagai salah satu aplikasi edit foto terbaik di Android dan iOS. Tapi kini kami membicarakan secara lebih spesifik versi situs web-nya alias versi online.

Kenapa membahas layanan online-nya? Yak arena kamu tidak perlu install aplikasi. Tinggal buka browser, kunjungi website Fotor, masuk ke akunmu, dan mulai berkarya.

Keuntungannya? Kamu bisa membuat desain dan edit foto kapanpun dan di manapun. Bahkan di warnet. Berguna jika kepepet dan malas menggarap di ponsel.

Fitur Fotor Lengkap

Pada dasarnya, website Fotor menawarkan beberapa fungsi utama. Untuk edit foto online, desain grafis online, dan membuat gambar kolase juga secara online.

Tapi kalau kamu sudah tahu mau bikin apa, Fotor bisa membantumu membuatnya dengan lebih mudah lagi. Sudah ada pilihan membuat foto Instagram, gambar cover YouTube, menghapus latar belakang foto, kartu nama, background Zoom, cover buku dll. Tinggal pilih.

fitur fotor

Semua pilihan itu langsung  kamu temukan ketika kamu masuk ke dasbor Fotor akunmu. Kamu bisa mulai dari awal dan memilih proyek, atau membuka ulang proyek yang pernah kamu buat.

Kalau kamu mau, kamu juga bisa memakai template yang ada. Banyak pilihan tersedia. Misalnya template sampul video YouTube untuk gamer, foto dan teks untuk tema kuliner, dll.

Alat Desain dan Edit Mudah Dipakai

Entah kamu memakai template atau membuat dari awal, Fotor memberikan peralatan desain yang lengkap dan mudah kamu operasikan. Sebagai contoh di sini adalah proses desain gambar thumbnail video YouTube.

Kamu bisa memulainya dengan mengunggah foto atau screenshot dari video YouTube yang mau kamu terbitkan. Kamu juga bisa mengunggah logo channel YouTube milikmu.

Lalu, tambahkan beberapa elemen desain lain. Judul, bidang geometri, ikon, emoji, dan lain-lain. Semua bisa kamu akses lewat bidang di sisi kiri. Di dalam masing-masing kategori, kamu akan menemukan banyak pilihan gaya desain (pilihannya banyak lho).

Tentu bukan desain namanya kalau tidak melibatkan layout dan fungsi edit lain. Tiap obyek yang kamu tambahkan bisa kamu ubah ukurannya, ubah posisinya, kamu putar, atau kamu tumpuk dengan memanfaatkan layer.

Pengaturan untuk detil desain itu bisa kamu temukan di menu di atas bidang gambar. Kalau kamu memilih fungsi yang spesifik, pilihan yang lebih jauh bisa muncul di sisi kiri.

Tata letak serupa juga akan kamu temukan kalau kamu memakai fungsi edit foto dari Fotor. Berbagai alat edit alat dan pengaturan efek gambar bisa kamu temukan dengan mudah. Bahkan dengan banyaknya fitur edit foto yang ada di Fotor.

Kalau kamu sudah puas dengan karyamu, kamu tinggal tekan tombol download yang ada di pojok kanan atas. Tergantung apa yang kamu kerjakan, kamu bisa menyimpan hasilnya dalam berbagai format umum. Misalnya JPG, PNG, atau PDF.

Setelah itu gambar hasil karyamu tinggal kamu gunakan. Kalau kamu bikin thumbnail video YouTube ya tinggal pasang. Begitu juga kalau kamu bikin foto untuk Instagram dan lainnya.

Giliranmu Mencoba

Bisa kamu lihat dari uraian saya di atas, Fotor jelas bisa jadi pilihan sebagai aplikasi desain grafis dan edit foto online. Apalagi kamu bisa menggunakannya secara gratis.

Namun tentu saja, pemakaian secara gratis punya Batasan. Kalau kamu memang rutin melakukan desain dan edit foto, juga mau pakai aset gambar, ikon, atau alat edit yang lebih lengkap, kamu bisa berlangganan.

Lalu, selain hadir secara online di website, Fotor juga hadir sebagai aplikasi di macOS, Windows, Android, dan juga iOS. Silakan unduh kalau kamu lebih memilih pakai aplikasi.

Selamat mencoba.

    %d blogger menyukai ini: