Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Desain iPhone Lipat Berhasil Dibuat, Mirip Samsung Galaxy Flip dengan Poni

desain iphone lipat
Sumber: Apple Insider
Indri Penulis

Desain iPhone lipat akhirnya berhasil dibuat. Ponsel ini mengadopsi tampilan mirip Samsung Galaxy Flip tapi dengan poni ciri khas iPhone.

Gempuran ponsel layar lipat saat ini memang semakin kencang. Beberapa tahun lalu, mungkin kita cuma lihat ponsel layar lipat di produk Samsung Galaxy Fold dan Galaxy Flip. Tapi sekarang berbeda jauh.

Kini sudah ada banyak vendor yang berhasil mendebutkan ponsel layar lipat. Bahkan ada yang sukses di pasaran karena desainnya yang dinilai bagus dan nyaman dipegang, contohnya OPPO Find N.

Pertanyaannya di saat beberapa vendor sudah menelurkan ponsel layar lipat, di mana Apple? Apakah Apple nggak berniat bikin ponsel layar lipat versi mereka sendiri?

Sebenarnya sudah ada wacana Apple akan bikin iPhone lipat. Namun prediksinya, ponsel tersebut belum akan rilis dalam waktu dekat (diprediksi tahun 2023).

Desain iPhone Lipat ‘Pertama’ Berhasil Dibuat!

Yap, iPhone lipat kabarnya memang baru akan rilis sekitar tahun depan, atau bisa lebih lama lagi. Tapi baru-baru ini penampakan asli dari desain iPhone lipat telah beredar di jagat maya. Menariknya, iPhone lipat pertama justru tidak dibuat oleh Apple.

iPhone lipat pertama ini dibuat oleh seorang insinyur asal China. Setelah lebih dari 200 hari percobaan dan error, akhirnya ponsel itu jadi juga.

Orang kreatif yang berhasil membuat iPhone lipat adalah YouTube asal China, Scientific and Technological Aesthetics (nama channel-nya).

YouTuber tersebut sangat bahagia karena akhirnya bisa menciptakan iPhone lipat pertama di dunia. Ponsel tersebut mengadopsi desain smartphone layar lipat masa kini, sambil tetap mempertahankan fitur-fitur dari ponsel aslinya.

Seperti yang bisa kamu lihat dalam video di atas. Video tersebut menampilkan langkah demi langkah proses pembuatan iPhone lipat pertama di dunia.

Baca Juga:  Bocoran ASUS ZenFone 9 Tampilkan Tombol Gulir dan Dudukan Bahu

YouTuber tersebut bolak-balik membongkar iPhone, lalu memotong kasing perangkat pendonor. Setelah selesai, ia merakitnya lagi sebagai perangkat yang bisa dilipat.

desain iphone lipat
Sumber: Design Boom

Dalam proses pembuatannya, YouTuber tersebut sengaja memilih engsel dari ponsel Motorola Razer. Sebelumnya ia sempat menguji engsel Samsung Galaxy Flip, tapi Motorola Razer dipilih karena engselnya lebih tipis.

Kombinasi teknik yang cerdas, trial-and-error pada delaminasi layar iPhone, akhirnya membuahkan hasil. YouTuber tersebut berhasil menciptakan cetakan 3D dari iPhone lipat.

Terlepas dari desainnya yang ciamik, bagaimana dengan spesifikasi dan performa iPhone lipat? Apakah ponsel tersebut bisa beroperasi normal seperti iPhone kovensional?

iPhone lipat ini ditenagai baterai kecil 1000mAh, seperempat dari ukuran baterai iPhone asli. Selain itu ponsel ini mengorbankan satu fitur speaker. Ponsel ini juga membuang semua fitur wireless charging dan MagSafe.

Untuk kinerjanya, fungsionalitas layar sentuh ponsel ini bisa berjalan baik. iOS yang terpasang di dalamnya juga bisa beroperasi dengan normal. Tapi karena YouTuber itu ingin tampilan ramah layar lipat, jadi mereka menginstal tampilan layar lipat khusus melalui jailbreak.

Walaupun ini bukan bikinan asli Apple, setidaknya kita bisa punya gambaran seperti apa desain iPhone lipat nantinya. Apalagi dalam desain tersebut, iPhone lipat tampil dengan poni ikonik seperti pada iPhone konvensional pada umumnya.

Yah… Semoga saja Apple bisa mempercepat produksi iPhone lipat. Jadi Apple bisa segera mengikuti tren ponsel layar lipat di industri smartphone.