Doro 8080 – Smathphone High-End yang Cocok untuk Lansia

September 2019, untuk pertama kalinya ponsel khusus lansia dirilis. Ponsel lansia ini adalah Doro 8080 yang dilengkapi fitur khusus lansia.

Selama ini mayoritas lansia sering mengalami kendala dalam penggunaan ponsel. Sementara itu, kebanyakan dari mereka lebih suka menggunakan ponsel dengan keyboard fisik.

Lansia yang dapat menggunakan smartphone modern mungkin lebih sedikit jumlahnya. Apalagi di negara berkembang seperti Indonesia.

Namun hal tersebut kini tidak menjadi kendala lagi. Sebab kini telah ada ponsel yang didesain khusus untuk lansia, lengkap dengan fitur-fiturnya. Ponsel tersebut adalah Doro 8080.

Sumber Gambar : Vajuu

Doro 8080 Dibekali Fitur Premium

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, Doro 8080 didesain khusus untuk lansia. Oleh sebab itu, fitur-fitur yang ada di dalam ponsel ini tentu berbeda dengan smartphone pada umumnya.

Ponsel ini dibekali fitur seperti peluncur khusus dan tombol SOS. Menariknya, interface ponsel dirancang khusus bagi mereka yang punya gangguan penglihatan, penurunan demensia, dan cacat lainnya.

Smartphone ini memang terbilang unik dibanding ponsel Doro sebelumnya. Sebab versi 8080 ini menawarkan spesifikasi premium dan estetika desain yang mirip iPhone.

Selain itu, ponsel ini telah menggunakan Android 9.0. Doro juga memproduksi ponsel flip semi-smart yang disebut Doro 7060, dengan konektivitas LTE, layar 2,8 inci, kamera 3MP, dan fitur media sosial.

Cara Kerja Ponsel Doro

Ponsel terbaru Doro ini menyajikan cara kerja yang mudah. Pengguna cukup mengetuk ikon ‘[icon name=”search” class=”” unprefixed_class=””]’. Lalu tampilan akan berpindah dari launcher ke interface lebih sederhana.

Di dalam launcher yang lebih sederhana, terdapat beberapa aplikasi yang bisa dipilih. Beberapa aplikasi yang bisa ditemukan seperti email dan log panggilan.

Uniknya, Setiap aplikasi dan sub judul dipisah dengan ukuran teks berbeda. Terdapat pula ikon aplikasi yang berguna bagi lansia dengan penglihatan kurang maksimal.

Layaknya model sebelumnya, ponsel ini mencakup frekuensi audio augmented. Frekuensi ini dirancang khusus bagi lansia yang memiliki gangguan pendengaran.

Secara umum, lansia memang sulit mendengar frekuensi biasa. Oleh sebab itu, Doro meningkatkan frekuensi ponsel ke beberapa tingkat.

Harga dan Ketersediaan

Ponsel lansia ini dibanderol dengan harga SEK 3.995 atau sekitar Rp 5.7 juta. Untuk sementara, Doro baru dipasarkan ke Eropa dan Amerika Serikat.

Belum ada informasi, apa ponsel ini akan sampai ke Asia atau tidak. Namun jika peminat ponsel ini banyak, tidak menutup kemungkinan Doro akan dipasarkan secara global.

%d blogger menyukai ini: