Edit Foto dengan Aplikasi TouchRetouch

Seiring berkembangnya teknologi mobile photography, kemampuan untuk melakukan edit foto dengan aplikasi juga semakin canggih. Di Windows Phone ada aplikasi seperti TouchRetouch, yang memungkinkan menghilangkan obyek yang tidak kita inginkan. Misalnya jerawat di wajah saat kita foto selfie. 😀

Kalau kamu pernah menggunakan Adobe Photoshop, tools yang digunakan di aplikasi ini mungkin sama seperti healing brush. Yang kita lakukan hanyalah memilih obyek atau area yang mau dibersihkan, dan bim salabim, obyek itu hilang atau area tersebut bersih.

Perangkat utama yang disediakan aplikasi TouchRetouch ini ada 2 buah. Brush (kuas) atau Lasso (seleksi garis). Selain itu ada tools pendukung: Eraser yang berguna untuk menghapus seleksi yang kita lakukan, dan Move untuk menggerakkan foto saat kita mengedit foto.

Ketika kita mengedit foto, baik dengan brush atau pun lasso, akan ada tampilan serupa kaca pembesar yang menunjukkan wilayah yang ada di bawah jari kita. Jadi kita bisa melakukan seleksi dengan mudah dan detil.

Baik brush maupun lasso memiliki ukuran. Kita bisa menyesuaikan ukurannya sesuai obyek yang kita edit. Misalnya kita menghilangkan jerawat di dekat mata. Berdasarkan pengalaman saya mencoba aplikasi ini, kalau bidang yang kita seleksi terlalu besar, proses pembersihan kurang baik. Oleh karena itu, ukuran brush atau lasso ini cukup penting.

Walau pun begitu, aplikasi TouchRetouch ini juga tidak kalah cerdas. Dengan ukuran brush atau lasso yang tepat, edit gambar bisa dilakukan dengan baik. Bahkan ketika obyek yang kita edit menutupi/melintas di obyek lain (lihat gambar rokok yang dihilangkan tanpa merusak area dagu).

Kalau sudah selesai mengeditnya, kita bisa ekspor/menyimpan gambar yang bersangkutan. Asiknya, kita bisa memilih menyimpannya di folder yang sesuai dengan keinginan kita. Ya, aplikasi ini memanfaatkan kemampuan pengaturan file dan folder Windows Phone 8.1.

Tapi untuk bisa terus menyimpan file, kita harus menggunakan TouchRetouch versi berbayar, bukan yang trial. Kalau pakai yang trial, dibatasi. Toh aplikasi ini hanya seharga Rp10.000,- saja. Tentunya, karena memanfaatkan folder, aplikasi ini berjalan di Windows Phone 8.1.

Setelah menghilangkan obyek yang mengganggu, bisa edit lebih jauh (misalnya dengan Fhotoroom), lalu share ke jejaring sosial (misalnya Instagram). Cakep. Silakan disruput kalau berminat.

%d blogger menyukai ini: