Edit Foto Akan Semakin Mudah di Google Photos

google photos

Google semakin meningkatkan penggunaan artificial intelligence (AI) di berbagai aplikasinya. Begitu pun di Google Photos. Nantinya proses edit foto akan semakin mudah dan cepat dengan bantuan AI ini.

Masih dari konverensi Google I/O, Google menunjukkan bagaimana AI akan membantu kita menggunakan aplikasi Google Photos. Sebelum ini, fitur Google Photos pun sudah cukup banyak. Salah satunya metimpan foto tanpa batas.

Salah satu permasalahan yang sering muncul adalah tidak semua orang jago memotret. Sering ada kesalahan saat memotret. Hasilnya, foto tidak sempurna.

Lalu, tidak semua orang juga rajin dan telaten melakukan edit foto. Terutama mengedit supaya foto terlihat natural (bukan edit dengan filter, dll). Inilah yang berusaha dipecahkan oleh Google.

Cukup Sekali Tekan

Pada Google Photos mendatang akan hadir saran aksi ketika kita melihat sebuah foto. Kamu bisa melakukan edit foto cepat atau mengirim foto ke teman melalui tombol saran tersebut.

Saran edit foto cepat ini meliputi membetulkan pencahayaan (membuat foto lebih terang), memutar foto, atau menyimpan sebagai arsip. Saran ini hanya akan muncul pada foto yang dianggap memerlukannya. Kelihatannya edit foto memang jadi mudah. Hanya sekali tekan saja.

Selain itu, Google Photos juga bisa menyarankan kamu berbagi foto ke teman. Sekali lagi, hanya dengan sekali tekan dan kalau dianggap perlu. Yah, mungkin kamu sering berbagi ke teman tertentu. Dengan fitur ini, kamu tidak perlu lagi mencari di kontak.

edit foto sekali tekan
Edit foto mudah (gambar: Google)
arsip foto
Menandai foto sebagai arsip (gambar: Google)
berbagi google photos
Berbagi di Google Photos (gambar: Google)

Mengubah Latar Foto Berwarna Jadi Hitam Putih

Salah satu fitur Google Photos mendatang adalah bisa membantumu mengubah bagian tertentu foto berwarna menjadi hitam putih. Seperti adegan gadis berjubah merah di film Schindler’s List.

AI akan mengenali obyek di foto β€” termasuk pakaian dan obyek yang dipegang β€” lalu mempertahankan warna, sementara gambar latar belakang berubah jadi hitam putih.

memisah warna
Memisah warna di Google Photos (gambar: Google)

Sebenarnya, edit foto dengan memisah warna ini bukan hal baru. Aplikasi foto di Moto G5s Plus yang saya pakai pun sudah memilikinya. Terutama dari fungsi kamera ganda.

Tapi kelihatannya fitur ini akan mempermudah proses itu. Karena akan berjalan otomatis. Mulai dari mengenali obyek sampai mengubah warna.

Sekali lagi, fitur edit foto ini mungkin bukan untuk mereka yang melakukan edit foto kompleks. Tapi lebih ke memudahkan pengguna biasa. Sehingga siapapun bisa punya foto bagus dan unik di koleksinya. Terlihat oke juga di media sosial.

%d blogger menyukai ini: