Hello Moto: Mengenal Fitur Aplikasi Kamera Motorola

mode profesional kamera moto g5s plus
Mode profesional aplikasi kamera Moto G5s Plus

Saya sudah menggunakan beberapa handphone Motorola. Mulai dari Moto E3 Power, Moto Z, dan kini Moto G5s Plus. Saya pikir seru kalau membahas fitur aplikasi kamera Motorola.

Memang ada perbedaan fitur antara aplikasi kamera Motorola di handphone yang satu dengan yang lain. Tidak dipungkiri, spesifikasi menentukan hal itu. Toh penjelasan fitur itu bisa membantu kalau kamu tertarik membeli handphone Motorola.

Hal itu terbukti beberapa waktu lalu. Setelah saya menulis review Moto G5s Plus, ada seorang teman bertanya soal kameranya. Sebenarnya ia bertanya sehubungan dengan aplikasi Google Camera dari Pixel 2. Aplikasi yang berhasil membuat handphone buatan Google itu jadi handphone dengan kamera terbaik tahun ini.

Obrolan itu—yang akhirnya panjang lebar ke berbagai fitur—membuat saya memutuskan berbagi pengalaman. Di artikel ini.

Fitur Foto Aplikasi Kamera Motorola

fitur aplikasi kamera motorola
Tampilan aplikasi kamera Motorola

Di dalam aplikasi kamera, Motorola meletakkan beberapa fitur yang menarik dan sesuai tren sekarang. Ada fitur yang sama di kamera belakang dan depan, ada yang berbeda.

Aplikasi kamera Motorola punya beberapa pengaturan dasar, yaitu flash, HDR, dan timer. Beberapa handphone, seperti Moto G5s Plus punya fitur lain, yaitu pengaturan low light di kamera belakang. Sedangkan di kamera depan, semua memiliki fitur Beautify.

Saya pikir fitur-fitur tersebut sudah cukup umum. Yang menarik, di titik fokus—kalau kamu tap layar—bisa memunculkan tuas untuk mengatur gelap terang cahaya.

Bagian menarik lain dari aplikasi kamera Motorola terletak di bagian kanan bawah. Di sana terdapat beberapa pilihan mode foto.

fitur kamera depan belakang moto G5s Plus
Mode kamera depan & belakang Moto G5s Plus

Kamu bisa mengakses fitur tersebut dengan menekan tombol menu . Nanti akan muncul beberapa pilihan.

Sekali lagi, tergantung handphone Motorola apa yang kamu gunakan.

Professional Mode

mode professional kamera motorola

Mode ini biasanya hadir di handphone Motorola kelas menengah ke atas. Mode Profesional membuatmu bisa mengatur handphone seperti kamera DSLR. Seperti mengatur fokus, white balance, shutter speed, ISO, dan exposure value (EV).

Di beberapa handphone (yang lebih baru), seperti Moto G5s Plus, mode ini juga hadir di kamera depan.

[irp posts=”44898″ name=”7 Kesalahan Saat Memotret Menggunakan Handphone”]

Depth Enabled

depth enabled motorola

Kalau kamu punya handphone Motorola dengan kamera ganda, kemungkinan besar kamu akan menemui fitur ini. Mode Depth Enabled akan memberi efek bokeh di foto. Kamu bisa mengatur tingkat blur untuk latar belakang. Ruang tajam yang dipersempit itu akan membuat kontras antara obyek dengan latar belakang atau depan.

Yang menarik, ketika kamu menyunting foto tersebut di Depth Editor, ada pilihan fitur lain. Yang pertama adalah seleksi hitam putih. Fitur ini membuat obyek tetap berwarna sementara gambar lainnya hitam putih. Yang kedua adalah menghapus gambar latar belakang. Saat ini keduanya masih dalam tahap beta (percobaan).

Panorama

mode panorama kamera motorola
Tampilan Mode Panorama

Mode Panorama hanya hadir di beberapa handphone Motorola. Mungkin di generasi terbaru atau kelas menengah ke atas (CMIIW). Dengan mode panorama kamu bisa mengambil gambar ultra lebar.

Proses pengambilan gambar seperti kamu merekam video. Tekan tombol kamera sekali, kemudian putar—jangan geser—handphone. Kamera akan merekamnya. Kalau sudah mencakup bidang yang kamu inginkan, kamu bisa tekan tombol stop.

Yang menarik, kamu bisa melihat gambar ini bentuk seluruhnya (di layar terlihat kecil dan panjang), atau seperti melihat foto 360Âş. Lebih besar dan bisa kamu geser dengan jari.

[irp posts=”44447″ name=”5 Aplikasi Foto Panorama Instagram untuk iPhone dan Android”]

Fitur Video Aplikasi Kamera Motorola

Begitupun untuk video. Motorola meletakkan beberapa fitur ketika kamu menekan tombol menu . Sekali lagi, tergantung handphone apa yang kamu gunakan.

fitur video depan dan belakang moto G5s Plus
Fitur video aplikasi kamera Motorola G5s Plus

Moto E3 Power, misalnya, hanya punya fitur untuk merekam biasa. Sedangkan di Moto G5s Plus, sudah ada fitur Slow Motion, baik di kamera depan maupun belakang (ada video stabilisation juga).

Ya karena saat ini yang ada di tangan saya itu Moto G5s Plus (yang punya fitur agak canggih), jadi untuk sementara, yang ada yang saya tulis.

Slow Motion

mode slow motion video motorola
Mode Slow Motion Video Kamera Moto G5s Plus

Saat kamu merekam video slow motion, kamu akan melakukannya seperti merekam video biasa. Perbedaan akan kamu temui ketika kamu menyunting video tersebut (dengan editor bawaan).

Kamu akan melihat indikator tambahan di atas garis indikator video. Di sana ada tuas yang menandai titik awal dan akhir bagian slow motion (cari yang titik-titiknya jarang). Kamu bisa menggesernya sesuai keinginanmu. Kalau sudah puas, kamu boleh mengeditnya dengan aplikasi lain.

—

Itulah beberapa fitur aplikasi kamera Motorola. Sementara itu dulu yang saya bahas. Nanti kalau ada fitur menarik lain akan saya tambahkan. Tentu saja, kalau ada Moto Mods mampir ke sini, juga akan saya bahas. Bahkan mungkin secara khusus.

Fitur aplikasi kamera tiap handphone boleh berbeda. Harus diakui, handphone hemat (dengan fitur terbatas) memang membuat kita tidak leluasa berkreasi. Tergantung juga dengan kebutuhan atau hobimu. Kalau kamu memang suka bereksperimen dengan foto dan video, ya mau tidak mau harus mencari handphone yang sepadan.