Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

STOP! Ini 5 Efek Fatal Akibat Sering Mematikan Laptop Secara Paksa

Indri Penulis

Kamu sering mematikan laptop paksa? Aduh, mulai sekarang stop ya. Ini beberapa efek fatal akibat sering mematikan laptop secara paksa.

Saat kamu menggunakan laptop, pernah nggak sih tiba-tiba laptop macet total? Mau menutup aplikasi saja nggak bisa sama sekali. Bahkan saat ingin mematikan laptop lewat proses shutdown seperti biasa pun juga nggak bisa. Wah, pasti rasanya menyebalkan ya.

Akhirnya apa yang kamu lakukan untuk mengatasinya? Apakah kamu langsung memencet tombol Power untuk mematikan laptop secara paksa?

Kalau kamu sering melakukan hal tersebut, mulai sekarang berhenti dan jangan pernah kamu ulangi lagi ya. Pasalnya kalau kamu mematikan paksa laptop secara terus-menerus, efeknya nggak main-main. Inilah beberapa efek fatal yang bakal terjadi akibat kamu sering mematikan laptop secara paksa.

Prosesor Cepat Rusak

Saat proses shutdown, heastsink biasanya bakal bekerja ekstra untuk mendinginkan prosesor sesaat sebelum laptop mati total.

Sumber : Laptopnesia

Jadi bisa bayangkan kalau kamu mematikan laptop secara paksa. Otomatis proses pendinginan prosesor nggak bakal berjalan dengan optimal. Jadi nanti saat laptopmu mati, prosesor masih tetap dalam keadaan panas. Kalau dibiarkan terus-menerus, semua komponen yang ada di prosesor bisa rusak.

Merusak Hardisk

Ya, gambar yang kamu lihat di atas adalah penampakan hardisk laptop. Seperti yang kamu tahu, hardisk berbentuk seperti piringan yang akan berputar saat laptop digunakan.

Sumber : VOI

Jadi bayangkan saja saat ia enak-enak berputar menjalankan tugas, lalu kamu tiba-tiba mematikan laptop secara paksa. Apa nggak kaget itu si mesin? Kalau terjadi secara terus-menerus, item yang satu ini bisa mengalami kerusakan serius lho.

Setidaknya dengan mematikan laptop sesuai aturan, kamu secara nggak langsung akan membuat kinerja hardisk lebih awet. Tapi kalau mau tambah awet, kamu bisa coba baca artikel saya tentang beberapa tips merawat hardisk supaya awet.

Merusak Power Supply

Ketika kamu mematikan laptop secara paksa, otomatis daya yang mengalir di dalam laptop akan terputus secara mendadak dan dapat menghentikan semua aktivitas hardware yang masih berjalan.

Jika aktivitas ini sering kamu lakukan, hati-hati ya. Karena ternyata kebiasaan tersebut bisa membuat power supply konslet. Apalagi kalau kamu mematikan laptop secara paksa, dalam kondisi laptop di-charge.

Merusak RAM

Ketika kamu melakukan proses shutdown sesuai aturan, memori RAM akan dikosongkan secara perlahan. Lalu saat laptop kamu hidupkan, ia akan mulai terisi kembali.

Sumber : ASUS

Tapi kalau laptop kamu paksa mati, memori akan tetap menyimpan program yang berjalan alias me-skip proses pengosongan. Jadi nanti saat kamu menghidupkan laptop, laptopmu akan terasa lemot dan lama-kelamaan RAM-mu bisa rusak.

Registrasi Laptop Jadi Kacau

Ketika laptop sering dimatikan secara paksa, laptop tidak akan mengalami proses shutdown yang benar. Imbasnya ketika laptopmu melakukan registrasi ulang terhadap komponen yang mereka gunakan, biasanya akan terjadi gangguan pada software atau data-data di dalamnya. Kalau boleh diumpamakan, kamu seperti nggak memberikan laptop waktu untuk memproses hal-hal tersebut.

    %d blogger menyukai ini: