Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Efisiensi Logistik Adalah Keharusan Bagi Pertumbuhan Bisnis

Anom Penulis

Nampaknya sudah menjadi keharusan bagi para pebisnis dan pengusaha untuk melakukan efisiensi di segala lini, termasuk distribusi. Pertumbuhan dan perkembangan bisnis apapun kemungkinan besar akan terkait secara langsung dengan isu-isu efisiensi ini, khususnya efisiensi dalam bidang logistik.

Mungkin ada yang masih bertanya, apa itu efisiensi logistik dan bagaimana cara merealisasikan efisiensi logistik untuk menunjang  pertumbuhan bisnis. 

popculture.id

Dilihat dari namanya, efisiensi logistik adalah sebuah proses bagaimana sebuah bisnis berjalan secara efektif dari sumber produksi sampai ke konsumen. Ini akan berhubungan dengan semua area operasi yang mencakup transportasi, pergudangan, dan keseluruhan distribusi secara umum.

Setiap pergerakan objek-obyek fisik dan informasi yang penting bisa dianggap sebagai logistik. Karenanya, melaksanakan proses logistik yang efisien cukup menantang mengingat berbagai rintangan dan hambatan yang akan dihadapi. 

Rintangan logistik dapat berupa kerusakan sarana transportasi termasuk kendaraan roda empat maupun roda dua, penerapan tarif, dan regulasi-regulasi yang dikeluarkan oleh pemerintah setempat.

Semua hambatan ini pastinya akan mempengaruhi proses logistik perusahaan dan mungkin saja dapat menyebabkan keterlambatan pengantaran dan pengiriman barang-barang ke para pelanggan. 

Tidak hanya itu, logistik dapat juga mempengaruhi area bisnis lainnya, seperti pemasaran produk-produk. Sebab banyak pemasaran akan terkait langsung dengan masalah logistik.

Dengan logistik, maka sebuah bisnis seringkali berhubungan dengan pengendalian inventaris, kualitas produk  yang dikirimkan, dan waktu pengantaran yang tepat. 

Mengapa efisiensi logistik ini sangat penting untuk mendukung pertumbuhan bisnis?

Setidaknya dalam hal ini, ada 3 (tiga) alasan yang perlu kita ketahui :

1. Mengurangi waktu pengantaran barang

Waktu pengiriman dan pengantaran barang-barang yang dipesan para pelanggan di seluruh pelosok Indonesia merupakan hal paling utama yang harus dipertimbangkan oleh para pelaku bisnis.

Dengan mempertimbangkan bahwa pelanggan dapat menerima barang-barang pesanan secara tepat waktu dan lebih cepat dari biasanya. Iya, di manapun juga, tidak hanya di Indonesia, para pelanggan akan mencari perusahaan jasa pengantaran logistik yang baik.

Sebuah layanan logistik yang baik mengutamakan pengantaran lebih cepat sampai dan dapat dipercaya. Contohnya seperti Ninja Xpress dan Shopee Xpress, yang sudah sangat populer di Indonesia sebagai perusahaan terbaik dalam hal pengantaran barang dan logistik. 

Dalam hal ini, perusahaan jasa pengiriman dapat juga mendiskusikan bagaimana proses pengiriman ini telah diperbaiki sehingga mereka dapat menerima barang-barang yang sudah dibeli secara lebih cepat dan hemat.

Dikarenakan waktu pengantaran adalah topik paling penting untuk perusahaan logistik, maka sangat penting untuk mengurangi waktu pengiriman untuk menarik perhatian para pelanggan yang setia. 

2. Upaya untuk mewujudkan kontrol kualitas pada produk yang dihasilkan

Selain poin ke satu, poin kedua ini juga cukup penting untuk kita ketahui mengapa efisiensi logistik sangat terkait erat dengan pertumbuhan bisnis. 

Seperti mungkin telah diketahui, logistik juga merupakan faktor penting lainnya bagi para produsen barang. Karenakan ini memungkinkan untuk mewujudkan  kontrol yang tinggi atas proses-proses produksi dan adaptasi yang segera.

Tentu saja, sebuah perusahaan tidak ingin memproduksi produk-produk yang cacat dan bermasalah yang akhirnya akan merusak reputasi bisnis mereka.

Oleh karena itu, dengan menjalankan logistik yang efisien dan memadai, sebuah operasi pembuatan pada dunia bisnis akan mampu mengidentifikasi berbagai permasalahan barang dengan cepat dan mempersempit timbulnya masalah itu di kemudian hari. 

3. Dapat membantu merealisasikan kepuasan lebih tinggi dari para pelanggan 

Bisa dibilang di Indonesia, pembeli atau pelanggan adalah ibarat seorang raja. Kepuasaan pelanggan adalah harapan terbesar setiap usaha bisnis. Karenanya sebuah bisnis akan melakukan berbagai cara untuk dapat meraih kepuasan pelanggan yang setinggi-tingginya. 

Strategi logistik yang efisien akan memungkinkan perusahaan-perusahaan untuk mengikuti proses pesanan barang dan informasi pengantaran produk. Dengan begitu, perusahaan jasa pengantaran logistik juga akan mudah melacak, seandainya suatu produk hilang di tengah jalan atau mengalami kerusakan.

Tidak hanya itu, berkat perkembangan dunia teknologi internet yang semakin canggih, kini hampir semua perusahaan jasa antar di Indonesia menyediakan fitur agar para pelanggan pun dapat melacak keberadaan paket barang mereka.

Jadi sekarang, para pelanggan tidak perlu lagi menghubungi kantor perusahaan antar logistik untuk menanyakan keberadaan barang-barang pesanan mereka saat itu. 

    %d blogger menyukai ini: