Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Creepy Banget! Robot Humanoid Ini Bisa Bikin Berbagai Ekspresi Wajah

Indri Penulis

Produsen robot asal inggris, Engineered Art, berhasil menciptakan Ameca dan Mesmer, robot humanoid yang bisa bikin berbagai ekspresi wajah.

Sebagai orang yang hidup di dunia serba canggih, kita tentu sudah familiar banget dengan robot. Apalagi robot juga sering ditampilkan dalam berbagai film. Kalau di film-film benda yang satu ini bahkan digambarkan mirip seperti manusia, yakni dapat bergerak, bicara dan juga ekspresif.

Sayangnya selama ini kebanyakan robot yang telah berhasil diciptakan di dunia kita belum secanggih itu. Mereka memang bisa bergerak layaknya makhluk hidup sungguhan. Tapi untuk mengungkapkan ekspresi layaknya manusia sungguhan masih belum bisa.

Tapi hal tersebut sudah berbeda. Setidaknya setelah kamu melihat Ameca dan Mesmer. Mereka berdua adalah robot humanoid bikinan Engineered Art yang sangat ekspresif, alias bisa berekpresi layaknya manusia.

Engineered Art sendiri memamerkan hasil karyanya itu dalam sebuah video YouTube singkat. Video yang pertama menampilkan robot Ameca yang tampak ‘bangun,’ dan ekspresi wajahnya kelihatan bingung sekaligus frustasi.

Namun semua berubah saat ia melihat tangan dan lengannya. Robot itu langsung membuka mulutnya sambil mengangkat alis. Kalau kamu lihat, ekspresinya seperti orang keheranan. Setelah itu di akhir video, Ameca tampak tersenyum dan mengulurkan tangan untuk menyambut penonton.

Gimana menurutmu soal ekspresi Ameca? Cukup ekspresif, menarik atau justru terkesan menyeramkan? Kalau kamu ingin melihat yang lebih menyeramkan, maka kamu harus nonton video robot Mesmer berikut ini.

Video di atas diposting beberapa hari setelah pengenalan Ameca. Mesmer dapat menampilkan berbagai ekspresi yang lebih realistis. Apalagi dia dibekali fitur kulit dan wajah, membuatnya tampak seperti manusia asli dibanding Ameca.

Selain itu dalam pembuatannya, Engineered Art ternyata menggunakan pemindaian 3D dari manusia asli, untuk memberikan struktur tulang yang akurat, tekstur kulit dan juga ekspresi wajah seperti aslinya.

Baca Juga:  Cewek Asal Jepang Ini Bikin Mesin Motivasi Unik

Meski tampak ekspresif dan terasa lebih hidup, sayangnya Ameca dan Mesmer nggak bisa berjalan. Berbeda dengan robot humanoid lain seperti Grace, robot suster bikinan perusahaan robot asal Hong Kong.

Grace boleh dibilang lebih canggih dari Ameca dan Mesmer. Pasalnya robot suster ini dapat berjalan, bicara dan bahkan membantu petugas medis. Sayangnya ekspresi yang ditampilkan Grace masih terasa kosong. Berbeda dengan Mesmer yang terlihat seolah-olah ‘bernyawa.’

Sementara itu, Ameca dan Mesmer konon memang dirancang sebagai robot untuk hiburan. Jadi mereka berdua mungkin akan menjadi pusat perhatian di tempat atau acara tertentu, bukan robot yang dirancang khusus untuk melakukan pekerjaan manusia seperti Grace.

Kalau kamu ingin melihat Ameca dan Mesmer dalam kehidupan nyata, sabar dulu. Engineered Art mengatakan kalau kedua robot itu bakal dipamerkan dalam acara CES 2022 yang digelar pada bulan Januari.

Wah, semoga saja nanti saat dipamerkan dalam acara CES 2022, desain Ameca dan Mesmer sudah lebih bagus ya, terutama soal ekspresi yang mereka tampilkan. Iya sih, mereka terlihat realistis banget. Tapi entah kenapa saat melihatnya, saya justru bergidik ngeri. Sebab ekspresi yang mereka tampilkan justru terlihat menyeramkan. Itu menurut saya. Kalau menurutmu gimana?