Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Grace – Robot Suster yang Bisa Bantu Dokter Diagnosis Pasien

Indri Penulis

Sebuah perusahaan robotika asal Hong Kong berhasil ciptakan robot suster bernama Grace. Yuk, kita kenalan dulu sama sosok Grace!

Robot memang sudah ada sejak bertahun-tahun lalu. Tapi makin ke sini, nggak bisa dipungkiri kalau robot-robot bikinan manusia jauh lebih canggih.

Sebut saja Spot, robot bikinan Boston Dynamics yang bisa dijadikan anjing peliharaan. Ada juga Atlas, robot bikinan Boston Dynamics yang jago parkour. Robot yang mirip manusia juga ada, contohnya robot Sophia bikinan Hanson Robotics.

Hanson Robotics lagi-lagi berhasil menciptakan robot yang mirip manusia. Dinamakan Grace, dia adalah robot humanoid yang diharapkan mampu merevolusi perawatan kesehatan.

Sumber : MainMain

Dilansir dari CNN, Grace memang dirancang sebagai asisten dokter. Dia dibekali sensor, termasuk kamera termal untuk mendeteksi suhu dan denyut nadi pasien. Dia juga mampu membantu dokter mendiagnosis penyakit hingga memberikan perawatan ke pasien (canggih banget ya!).

Saat ini Grace dapat berbicara dalam tiga bahasa yakni Inggris, Mandarin dan Kanton. Nggak cuma ngomong biasa, Grace bahkan dibekali kemampuan untuk bersosialisasi dengan manusia. Ini yang bikin dia mirip banget sama manusia.

Walau diprogram agar semirip mungkin dengan manusia, tapi Grace sebenarnya hanya diciptakan untuk mendukung para profesional (dalam hal ini dokter), bukannya sebagai pengganti mereka.

Menggunakan AI dan robotika dalam konteks ini bisa membantu mengumpulkan data penting bagi penyedia layanan kesehatan, untuk menilai kesejahteraan pasien,” kata CEO Hanson Robotics, David Hanson.

Dikembangkan khusus untuk sektor medis, Grace lahir di era pandemi COVID-19. Nggak pakai lama, robot ini langsung mengalami peningkatan permintaan yang sangat signifikan, kata David.

Bukan tanpa alasan, dengan adanya Grace, dokter atau bahkan perawat bisa meminimalisir kontak fisik dengan pasien COVID-19. Itu artinya jumlah tenaga medis yang tertular COVID-19 dari pasien bisa berkurang.

Baca Juga:  Cewek Asal Jepang Ini Bikin Mesin Motivasi Unik

David pun mengatakan kalau perusahaannya akan mulai produksi massal. Nggak cuma Grace, Sophia pun juga akan diproduksi secara massal mulai akhir tahun 2021.