Elgato Rilis FaceCam & Kelengkapan Rekaman untuk Studio Audio Visual di Rumah

Elgato resmi meluncurkan beragam produk terbaru, seperti FaceCam, Stream Deck, dll. Produk-produk anyar ini bisa membuatmu berasa punya studio sendiri di rumah!

Buatmu yang punya impian untuk memiliki studio di rumah, mungkin kamu bisa lihat apa saja spesifikasi menarik yang disajikan olah jajaran produk terbaru Elgato kali ini.

Setidaknya ada 5 produk terbaru yang diluncurkan Elgato baru-baru ini. Yakni ada Elgato Facecam, Stream Deck, Wave XLR, Wave Mic Arm, dan Wave Mic Arm LP.

Apa saja fungsi kelima produk ini, dan seperti apa fitur menarik yang mereka sajikan? Semua akan kami kupas tuntas di sini. Makanya pastikan kamu baca ulasannya sampai tuntas ya.

Facecam

Elgato Facecam adalah webcam 1080p yang bisa merekam hingga 60fps. Dia dibekali sensor Sony Starvis CMOS dengan lensa fokus eight-element prime fixed ber-aperture f/2.4, panjang fokus setara full-frame 24mm, dan bidang pandang hingga 82 derajat (memungkinkan kamu mengatur bidikan sudut dekat/lebar).

elgato facecam
Sumber : Corsair

Webcam ini didesain untuk orang-orang yang mendambakan kamera kelas atas sendiri. Kamera ini diklaim mampu mengurangi kebisingan dalam semua jenis kondisi pencahayaan, sambil menjaga fokus tetap bagus (kamu bisa bergerak bebas dan kameranya bakal tetap fokus).

Facecam juga dibekali penyimpanan internal yang bisa menyimpan pengaturan white balance, kontras, zoom, dll. Kamera ini juga dikelilingi heatsink yang memungkinkan ‘operasi 24/7 tetap dingin’ alias dijamin bebas panas. Membuatnya cocok untukmu yang betah live streaming selama berjam-jam.

Ditambah aplikasi Camera Hub, kamu bisa mengontrol pengaturan layaknya di kamera DSLR (katakanlah seperti bidang pandang, kecerahan, dan pencahayaan). Menariknya, semua pengaturanmu akan langsung disimpan ke Facecam.

Terakhir agar mampu merekam gambar secara stabil, Facecam dibekali penjepit yang sangat kuat. Dengan penjepit ini, kamu bisa menempatkan Facecam di atas monitor komputer secara stabil.

Stream Deck MK. 2

Stream Deck adalah alat kontrol audio lanjutan. Berbanding terbalik dengan generasi sebelumnya, Stream Deck MK. 2 hadir dengan antarmuka ikonik dan 15 tombol LCD untuk mengontrol aplikasi dan tools.

Sumber : Corsair

Stream Deck MK. 2 kini juga menampilkan komponen yang bisa dilepas pasang (contohnya kabel USB Type-C dan pelat muka). Dengan begitu, kamu dapat sepenuhnya mempersonalisasi pengaturan sesuai selera.

Masih ada lagi yang segar. Perangkat ini juga dibekali dudukan desktop sudut tetap yang membuat Stream Deck MK. 2 bisa tertanam kuat, serta bisa dilepas pasang sesuai kebutuhan.

Ditambah dengan Store dan aplikasi Stream Deck 5.0 yang baru-baru ini di-update, membuatmu bisa menampilkan plugin, trek musik bebas royalti, efek suara, dll, sepuasnya.

Stream Deck MK. 2 boleh dibilang sebagai perangkat serba guna. Dia juga pendamping yang sangat cocok untuk produk Elgato lainnya seperti Facecam dan Wave XLR.

Wave XLR

Wave XLR dapat menghubungkan mikrofon XLR berkualitas tinggi ke PC-mu. Wave XLR secara otomatis mampu meningkatkan kemampuan audio-nya, dan dapat terintegrasi dengan aplikasi Elgato Wave Link. Integrasi ini berguna untuk mencampur audio mikrofon dengan beberapa sumber audio independen lainnya.

Sumber : Corsair

Perangkat ini  juga dibekali tombol mute dan kontrol multifungsi, yang bisa kamu pakai untuk mengontrol mikrofon dengan mudah.

Lanjut, Wave XLR memakai teknologi Clipguard yang telah dipatenkan. Teknologi ini mampu mencegah distorsi suara ketika level input memuncak. Ada pula teknologi gain ultra-low-noise hingga 75dB yang bisa memperkuat mikrofon (kalau tidak sensitif).

Bukan cuma itu, Wave XLR juga menyajikan phantom power hingga 48 volt untuk menggerakkan mikrofon kondensor dan kapasitas audio ekstra tinggi. Layaknya Facecam, Wave XLR juga telah terintegrasi dengan Stream Deck.

Wave Mic Arm dan Wave Mic Arm LP

Wave Mic Arm hadir sebagai lengan mikrofon boom suspensi tradisional, yang mampu berdiri tegak pada 750mm/29.5in, serta dibekali ekstensi riser yang mampu menambah ketinggian hingga 150mm/5.9in untuk menjangkau rintangan lebih besar seperti monitor komputer.

Sumber : Corsair

Di sisi lain Wave Mic Arm LP, sebaliknya adalah lengan boom arm low-profile yang terbuat dari logam. Lengan mikrofon ini terletak di bawah garis bahu untuk memastikan pandangan tanpa halangan, sambil tetap menyajikan tampilan yang elegan.

Didesain dengan ramping dan elegan, kedua lengan mikrofon ini rupanya punya saluran kabel tersembunyi dengan penutup yang bisa dilepas secara mudah lho. Wave Mic Arm dan Mic Arm LP juga dilengkapi dudukan penjepit yang bisa diatur sesuai desain meja.

%d blogger menyukai ini: