Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Google Siap Hadirkan Emoji Custom untuk Android Tahun Depan

Indri Penulis

Google tengah mempersiapkan proyek emoji custom untuk Android tahun depan. Kamu bisa lihat seperti apa tampilan emoji tersebut di sini.

Emoji adalah hal yang nggak bisa dilewatkan orang ‘zaman now.’ Bagi yang sudah sering menggunakan emoji setiap kali mengirim teks (contohnya seperti saya), pasti bakal terasa kaku kalau tiba-tiba tidak menggunakan emoji saat mengirim teks.

popculture.id

Kabar baiknya, Google saat ini tengah bersiap untuk meluncurkan emoji generasi terbaru. Nggak tanggung-tanggung, Google bahkan sudah mempersiapkan emoji custom untuk perangkat Android dan layanan mereka lainnya tahun depan.

Menurut pengumuman resminya, seluruh emoji terbaru Google akan bisa dinikmati secara gratis. Namun peluncuran emoji nantinya akan dibagi dalam beberapa tahap.

Pertama, ada 31 emoji baru yang bakal melengkapi Unicode 15.0 (jadi nanti total emoji di Unicode 15.0 akan berjumlah 3.664 buah). Semua emoji tersebut akan segera tersedia di perangkat Android dan proyek Google lainnya awal tahun 2023.

Emoji baru yang akan tersedia tahun depan
Tersedia juga versi monokrom

Selain itu, Google juga telah menciptakan emoji dengan dukungan animasi. Bisa kamu lihat pada gambar di bawah ini, sebenarnya mereka adalah emoji yang sudah ada sebelumnya. Cuma bedanya kali ini Google menambahkan efek animasi supaya emoji tersebut terlihat jauh lebih hidup.

Emoji-emoji animasi di atas bisa diunduh sebagai GIF atau file video. Saat ini kamu sudah bisa mengunduh mereka secara gratis lewat situs Google Fonts.

Oya, Google juga mulai beralih ke format font emoji baru bernama COLRv1. Format ini berbentuk gambar ventor yang dibuat untuk file font yang lebih kecil. Contohnya set ikon ‘Twemoji’ Twitter ukurannya turun dari 9MB menjadi 1,85MB. Tapi walaupun ukurannya turun, mereka tetap terlihat tajam walaupun di-zoom.

Menariknya emoji COLORv1 juga bisa menggunakan gradien halus dan warnanya bisa disesuaikan untuk boot. Sayangnya saat ini custom warna emoji hanya bisa dimodifikasi oleh aplikasi atau browser tertentu.

Satu emoji tapi dengan palet warna yang berbeda

Kalau kamu penasaran seperti apa cara kerja custom emoji ini, kamu bisa klik di situs resmi Google Developer. Di sana kamu bisa coba mengutak atik gradien warna emoji agar sesuai dengan seleramu. Selain lebih asyik, emoji dengan gradien warna seperti ini juga sangat berguna kalau kamu pengguna mode malam di smartphone. Warnanya yang terang dan lembut akan membuatnya lebih mudah dilihat.

Emoji custom yang disajikan Google nggak berhenti sampai di situ saja. Google juga telah menyiapkan cara agar pengguna benar-benar bisa menciptakan emoji sesuai selera mereka. Yah walaupun sebelumnya Google sudah pernah meluncurkan Emoji Kitchen di papan ketik Gboard, tapi yang ini berbeda.

Seperti yang bisa kamu lihat dalam gambar di atas. Google akan memungkinkan pengguna untuk bikin emoji dengan warna khusus. Sayangnya Google belum mengatakan kapan emoji ini akan tersedia. Tapi kemungkinan fitur custom emoji ini baru akan hadir awal tahun depan.

Gm

Terakhir, Google juga telah mempersiapkan emoji gotik. Sesuai namanya, emoji ini hadir dengan nuansa serba hitam. Membuatnya cocok buat kamu yang suka hal-hal bertema hitam deh.

    %d blogger menyukai ini: