WhatsApp Meluncurkan Enkripsi untuk Backup Percakapan

whatsapp backup encryption

Setelah pada bulan September lalu WhatsApp mengumumkan enkripsi (End-to-End Encryption / E2EE) untuk cadangan data (backup) percakapan, kini fitur itu resmi meluncur.

End-to-End Encryption memang sudah berlaku untuk percakapan WhatsApp sejak lama. Namun penyimpanan backup di Google Drive dan iCloud sebelum ini masih belum mendapat perlindungan yang sama.

Fitur Enkripsi Cadangan Data Meluncur

Namun kini perlindungan itu sudah hadir. Melalui blog resmi, WhatsApp mengumumkan kalau enkripsi backup percakapan di Google Drive dan iCloud kini mulai meluncur.

enkripsi backup whatsapp

Whats App mengklaim kalau belum ada aplikasi pesan atau percakapan lain yang menerapkan keamanan menyeluruh seperti ini. Entah itu obrolan dalam bentuk teks, media, pesan audio, video call, sampai ke cadangan data.

Untuk bisa mengamankan backup whatsApp dengan end-to-end encryption, kamu harus memilih metode kunci. Bisa dengan password atau dengan kunci enkripsi 64-digit. Kalau kamu sudah mengamankannya, baik WhatsApp atau penyedia penyimpanan cloud (Google dan Apple) bisa mengaksesnya.

Cara Mengaktifkan Enkripsi Backup WhatsApp

  1. Buka Setelan.
  2. Masuk ke Chat > Cadangan chat > Cadangan Terenkripsi End-to-end.
  3. Tekan Lanjut, lalu ikuti petunjuk untuk membuat password atau kunci.
  4. Tekan Selesai, lalu tunggu WhatsApp menyiapkan cadangan data dengan enkripsi. Kamu mungkin perlu melakukannya sambil mengisi daya.

Perhatikan: Kamu tidak bisa memulihkan percakapan jika kamu kehilangan password atau kunci enkripsi. WhatsApp tidak bisa membantu jika password atau kunci enkripsi itu hilang.

Cara Mematikan Enkripsi

  1. Buka Setelan.
  2. Masuk ke Chat > Cadangan chat > Cadangan terenkripsi end-to-end.
  3. Tekan Matikan.
  4. Masukkan password.
  5. Tekan Matikan untuk memberi konfirmasi.

Fitur enkripsi backup WhatsApp ini akan hadir pada versi terbaru aplikasi. Jadi silakan cek apakah ada update aplikasi WhatsApp atau tidak. Jika sudah ada, silakan perbarui dan ikuti langkah di atas untuk menerapkan enkripsi pada cadangan data WhatApp milikmu.

(catatan: Waktu artikel ini ditulis, update WhatsApp dengan fitur enkripsi belum tersedia baik di App Store maupun Play Store).

%d blogger menyukai ini: