Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Inilah Etika yang Benar Ketika Ngobrol di Grup Chat

Indri Penulis

Saat ini hampir semua orang mempunyai group chat dalam media sosial, baik di LINE maupun WhatsApp. Tidak dapat dipungkiri, aplikasi chatting memang menjadi favorit sebagian besar orang dalam berkomunikasi.

Hal tersebut tidak mengherankan, sebab aplikasi chatting mudah digunakan, sederhana, tidak memakan banyak memori, irit data, bahkan beberapa aplikasi dapat digunakan saat kuota habis.

popculture.id

Selain itu, aplikasi chatting kini menawarkan banyak fitur menarik. Selain dapat digunakan untuk chatting, aplikasi seperti LINE dan WhatsApp dapat digunakan untuk telepon dan video call.

Dengan menggunakan aplikasi chatting, komunikasi menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Tidak heran jika kini banyak orang mulai meninggalkan telepon seluler dan layanan SMS, dan beralih ke aplikasi chatting.

Selain melakukan komunikasi dua orang, aplikasi chatting juga bisa digunakan untuk terhubung ke berbagai group.

Melalui group WhatsApp maupun LINE, kalian lebih mudah berdiskusi membahas berbagai hal. Selain dikusi sesuai dengan tujuan dibentuknya group, kalian bisa saling bercanda dengan anggota group yang lain.

Walaupun group WhatsApp dan LINE bersifat santai, namun sebagai anggota group hendaknya tetap menjaga sopan santun.

Mungkin beberapa dari kalian belum tahu, bahwa group chat dengan anggota lebih dari 20 orang, maka harus diperlakukan seperti media sosial.

Hal tersebut berarti kalian tidak boleh sembarang mengirim chat, apalagi sampai dengan sembarang share. Agar lebih jelas, berikut ada beberapa etike di group chat yang perlu kalian ketahui:

Sumber Gambar : 123RF

Obrolan Melencang Jauh Dari Tema Group

Group tentu dibuat dengan tujuan tertentu. Oleh sebab itu, obrolan ideal adalah yang tidak melenceng dari tujuan group.

Namun tetap tidak ada salahnya jika obrolan group disertai candaan. Namun tidak jarang obrolan dalam group sudah melenceng terlalu jauh.

Bila kalian merasa terganggu dengan hal tersebut, maka tidak ada salahnya jika menegur atau mengingatkan anggota lain.

Namun kembali lagi, jika obrolan melenceng namun mayoritas anggota group tidak keberatan, maka itu pilihan kalian. Kalian ingin keluar atau tetap dalam group.

Screenshoot Room Chat

Ada waktu dimana group sangat ramai, dan hal tersebut disebabkan obrolan yang menyenangkan. Ada obrolan lucu, dan kalian ingin share percakapan tersebut.

Mungkin kalian pernah mendapat teman yang tiba-tiba screenshoot chat group, kemudian mereka bagikan di WhatsApp stories atau Instastory.

Lalu apakah boleh hal tersebut dilakukan? Sebenarnya hal tersebut kurang etis. Sebab room chat group hanya milik anggota saja.

Tidak seharusnya room chat group dibagi dengan orang lain, apalagi tanpa meminta izin dari anggota lain. Walaupun yang di-share hanya obrolan lucu, namun kalian tidak tahu anggota lain keberatan atau tidak.

[irp posts=”40998″ name=”Ramaikan Group Chat dengan Stiker GIF dari Giphy”]

Jangan Terlalu Banyak Sharing

Yang perlu diingat adalah, perlakukan group chat sama dengan media sosial. Pertimbangkan terlebih dahulu beberapa hal sebelum membagikan apapun.

Misalkan pada saat ingin berbagi foto keponakan, foto keluarga, foto sendiri, foto pacar, atau foto lainnya. Tidak hanya foto, namun berlaku pula untuk broadcast apapun.

Jangan Curhat Tidak Jelas

Apakah tidak boleh curhat di dalam group? Tentu boleh, jika di dalam group chat tersebut berisi teman-teman dekat atau sahabat.

Namun jika dalam group tersebut berisi 20 anggota lebih, apa tidak sebaiknya memendam masalah tersebut sendiri? Atau kalian dapat menceritakan permasalahan dengan beberapa teman dekat saja.

Selain itu tidak ada yang bisa menjamin, anggota group tersebut tidak akan menyebarkan curhatan kalian ke orang lain. Ditambah lagi jika itu curhat masalah keluarga, maka akan memalukan jika sampai banyak orang tahu.

    %d blogger menyukai ini: