Terlihat Sepele Tapi Penting, Ini 5 Etika Saat Bermain Game Online!

Biar nggak dicap toxic!

Indri Penulis

Tahu nggak sih, ternyata main game online ada etikanya lho. Kamu bisa baca di sini buat tahu apa saja etika saat bermain game online.

Etika alias sopan santun, adalah hal yang sudah diajarkan sejak usia dini. Apa saja sih contohnya? Banyak. Misalnya etika saat bicara dengan orang lain (khususnya yang lebih dewasa), etika saat sedang berkumpul dengan orang lain, dll.

Tapi tahu nggak, etika nggak cuma perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari lho. Ketika kamu sedang berada di dunia maya alias pakai media sosial, ada juga etika yang perlu kamu terapkan. Lalu ketika kamu main game online, juga ada etika berbeda yang perlu kamu pakai.

Bicara soal etika saat main game, kamu sudah tahu belum apa saja etikanya? Kalau belum, baca artikel ini sebentar yuk. Biar paham apa saja etika saat bermain game online.

Jangan Nge-Cheat!

Mayoritas gamer online sangat membenci orang-orang yang suka berbuat curang, alias yang suka pakai cheat. Kenapa?

Sumber : Rexus

Bayangkan saja, gamer lain susah payah meluangkan banyak waktu, tenaga dan pikiran untuk naik level. Sedangkan gamer curang menggunakan cheat supaya bisa naik level atau mendapat item yang mereka mau secara instan. Nggak adil banget kan?

Selain itu, segala sesuatu yang didapatkan secara instan, pasti bakal hilang juga secara instan alias nggak bertahan lama. Sama halnya pas kamu main game. Selain nggak menyenangkan (jadi nggak ada seru-serunya!), lambat laun kamu pasti bakal di-banned lho!

Jangan Bicara Kasar

Kalau yang kedua ini sih nggak cuma berlaku pas main game online. Contohnya dalam etika pakai media sosial buat karyawan, poin yang kedua ini juga masuk dalam daftar lho.

Sumber : Sobat Game

Sebenarnya kata-kata kasar sih mungkin kerap kita dengar, baik dari gamer lain atau bahkan ‘dari diri kita sendiri.’ Nah kalau punya kebiasaan semacam ini saat main game online, mulai sekarang yuk dikurangi. Pasalnya tak sedikit anak di bawah umur yang main game online. Masa kita mau ngajarin hal buruk seperti itu?

Jangan Spam Chat

Saat main game, ketenangan tentu sangat dibutuhkan supaya konsentrasi saat bermain bisa terjaga. Tapi gimana jadinya kalau ada gamer lain yang suka spam chat? Duh, pasti mengganggu banget. Konsentrasi juga bakal hilang dan susah buat main game.

Jadi saat kamu mabar sama teman-temanmu, sebaiknya kirim chat seperlunya ya. Misalnya chat khusus buat membahas strategi yang akan dilakukan. Nanti kalau menang, kan kamu juga yang bakal senang. Ya nggak?

Ucapkan Terima Kasih

Ucapan terima kasih memang terdengar sepele dan gampang diucapkan. Tapi sayangnya, tak semua orang bisa ingat mengucapkan kata-kata tersebut.

Sumber : IDN

Ketika kamu bermain game online, jangan lupakan kata ‘terima kasih.’ Misalnya kamu mabar dan sama-sama mengejar skor tertinggi. Ketika sudah selesai, jangan lupa ucapkan terima kasih buat rekan satu timmu. Percaya deh, suasana permainanmu pasti bakal jadi akrab dan nyaman.

Jangan Rasis

Sudah bukan rahasia lagi kalau game online benar-benar seru! Makanya jangan heran kalau game online sering dipilih oleh banyak orang.

Sumber : The Coversation

Tapi ingat ya, game online yang kamu main tidak hanya dimainkan oleh suku, agama dan ras yang sama. Oleh sebab itu, jangan sampai melakukan hal berbau diskriminatif atau bahkan rasis. Apalagi diskriminatif dan rasis juga masih ke dalam tindakan cyberbullying. Jadi mulai sekarang lebih hati-hati ya.

    %d blogger menyukai ini: