Hati-Hati! Ini 5 Etika Pakai Media Sosial Buat Pekerja

Kamu pekerja dan pernah ngomong kasar di media sosial? Baca dulu deh, beberapa etika pakai media sosial buat pekerja berikut ini.

Zaman sekarang siapa sih yang nggak punya akun media sosial? Mau Instagram, Facebook, Twitter, TikTok, dll, pasti hampir semua orang punya.

Walau kamu bebas menggunakan media sosial (ya karena itu akun media sosialmu sendiri), namun sebenarnya tetap ada etikanya lho.

Apalagi kalau kamu sekarang sudah bekerja di salah satu perusahaan. Wah, harus tambah hati-hati dalam bermedia sosial nih. Karena kalau nggak begitu, bisa-bisa media sosialmu bisa jadi boomerang buat diri kamu sendiri dan bahkan dapat mengancam pekerjaanmu.

Kali ini saya akan membeberkan beberapa etika menggunakan media sosial untuk pekerja. Dengan mengetahui informasi ini, saya harap kamu bisa lebih hati-hati dalam bermain media sosial.

Sumber : eLearning Industry

Jaga Nama Baik Perusahaan

Poin yang pertama ini penting banget. Apalagi kalau kamu turut mencantumkan nama kantormu di bio. Kenapa bisa begitu?

Karena semua hal yang kamu lakukan di media sosial akan sangat berpengaruh pada tempat kerjamu. Makanya, sebaiknya jangan melakukan hal-hal negatif di media sosial ya. Karena hal tersebut juga bisa mempengaruhi citra perusahaan tempatmu bekerja.

Jangan Berkata Kasar

Poin yang kedua ini sebenarnya punya hubungan erat dengan yang pertama. Bicara kasar di media sosial adalah hal paling utama yang harus kamu hindari.

Coba bayangkan kalau sewaktu-waktu ada tim HR atau atasanmu iseng mengecek media sosialmu. Lalu mereka tiba-tiba melihat caption, story, atau komentarmu yang berisi kata-kata kasar. Apa nggak malu tuh?

Jangan Menjatuhkan Perusahaan Kompetitor

Mungkin masih banyak yang belum sadar soal poin yang ketiga ini. Tapi sadar atau nggak, pasti pernah ada kasus seperti ini di media sosial.

Sebenarnya menjelekkan perusahaan kompetitor di media sosial nggak bakal membawa untung lho. Malah justru nama perusahaanmu akan jadi jelek dan terlihat nggak profesional. Makanya jangan sampai kamu melakukan hal seperti ini ya.

Jangan Menyebar Berita Hoax

Sebelum menyebarkan informasi apa pun di media sosial, jangan lupa cross-check dulu. Pastikan dulu apakah informasi yang kamu baca benar atau cuma sekedar hoax.

Jangan sampai kamu menelan mentah-mentah informasi hoax, lalu menyebarkannya di media sosial. Kenapa? Sebab kemampuan untuk menentukan validitas berita juga bakal mempengaruhi reputasimu di tempat kerja lho.

Netral Dalam Berpolitik

Jadi dari dulu sampai sekarang, politik adalah hal yang cukup sensitif guys. Jadi kalau misalnya kamu punya pendapat atau menyampaikan kritik, sebaiknya sampaikan ke orang-orang terdekat ya.

Kalau bisa, hindari menyampaikan kritik atau pendapat keras di media sosial. Biar nanti seolah-olah kamu terlihat netral di media sosial.

Itu tadi beberapa etika saat bermain media sosial. Baca juga etika saat ngobrol di grup chat biar kamu nggak dijauhi teman-temanmu ya.

%d blogger menyukai ini: