Facebook Akan Ganti Nama Demi Terjun Ke Teknologi Masa Depan

Ada berita menarik soal raksasa media sosial Facebook. Kabarnya, Facebook bersiap mengganti nama perusahaan untuk mencerminkan fokus masa depan mereka di metaverse.

Mark Zuckerberg disebut berencana membicarakan pergantian nama ini di konferensi Connect minggu depan, pada tanggal 28 Oktober 2021. Pergantian nama ini akan mencerminkan ambisi Facebook untuk bergerak lebih dari sekedar media sosial.

Kemungkinan besar, hal ini akan memisahkan perusahaan dengan media sosial Facebook. Dengan begitu Facebook sebagai media sosial akan berada di bawah nama baru tersebut, sama seperti Instagram, Messenger, Oculus, dan WhatsApp.

Perubahan ini boleh kita sebut sama seperti yang terjadi pada Google di tahun 2015. Kala itu Google melakukan restrukturisasi dan menempatkannya di bawah perusahaan bernama Alphabet Inc.

Mark Zuckerberg pernah mengungkap visi tersebut pada The Verge. Ia menyebutkan kalau “mereka akan melakukan transisi dari apa yang orang lihat sebagai media sosial sebagai perusahaan metaverse.”

Kalau kamu ingat, Facebook juga sedang mengembangkan dunia virtual reality (VR) yang bernama Horizon. Dunia ini bagai Roblox versi VR yang mengandung berbagai “dunia kecil” di dalamnya. Selain itu ada pula Horizon Workroom yang seperti kantor di dunia VR.

Setelah menguasai jagat media sosial, Facebook rupanya mulai melangkah ke teknologi berikutnya. Sebuah dunia tempat orang bertemu dan beraktivitas secara virtual. Ya, mirip seperti di film Ready Player One dan yang sejenis.

Mark Zuckerberg percaya bahwa dunia virtual reality akan menjadi hal besar berikutnya setelah internet hadir di smartphone. Ia juga yakin bahwa hal itu juga akan menjadi bagian besar berikutnya dari Facebook.

Saat ini dunia dan perangkat VR memang belum bisa dinikmati semua orang. Namun ketika Facebook hadir, begitu pula dengan internet. Jadi sangat menarik bagaimana Facebook sebagai sebuah perusahaan mengganti nama untuk mencerminkan visi ini dan langkah apa yang mereka tempuh berikutnya.

%d blogger menyukai ini: