Game Horizon Dari Facebook Bagai OASIS Di Film “Ready Player One”

game horizon dari facebook
gambar: Facebook

Ingat film Ready Player One besutan Steven Spielberg? Ingat game VR OASIS juga dong? Nah, Facebook mengembangkan game yang cukup mirip bernama Horizon dan kini sudah memasuki versi beta.

Yah, mungkin memang belum terlalu mirip. Tapi paling tidak bolehlah kita sebut bisa menjadi cikal bakal game serupa. Karena game Horizon ini juga merupakan permainan VR multiplayer berbasis sosial.

Game VR Horizon

Konsepnya memang mirip. Menurut Facebook, Horizon akan mengajak kita melakukan eksplorasi pengalaman virtual di dunia yang dirancang dan dibangun oleh seluruh komunitasnya.

Di Horizon, kamu bisa berkumpul dan ngonrol bersama teman atau bertemu dengan orang baru. Untuk saat ini, sebanyak 8 orang bisa berbagi wilayah yang sama. Facebook merencanakan bidang yang lebih besar untuk menampung lebih banyak orang lagi nantinya.

Facebook juga menyediakan peralatan kreasi sehingga pengguna bisa membangun sesuatu atau tempat yang mereka inginkan. Peralatan kreasi ini pun bersifat kolaboratif.

Tetap Menjaga Keamanan dan Kenyamanan

Kita tahu kalau sebuah game bisa menimbulkan suasana toxic yang bisa berujung rasa tidak aman dan tidak nyaman. Apalagi kalau permainannya bersifat sosial. Facebook berusaha menanggulangi hal ini sejak awal di Horizon. Ada peraturan yang disebut Oculus Code of Conduct.

Di Horizon terdapat sebuah tempat yang disebut Safe Zone. Kamu bisa mengaksesnya melalui gelang yang dipakai avatarmu di game. Di Safe Zone, kamu bisa membisukan, memblokir, atau melaporkan pemain dan konten yang ada di dalam game.

Kemudian Facebook β€” melalui apa yang mereka sebut safety specialist β€” akan memantau dan merekam situasi yang ada sesuai tindakan yang kamu buat, lalu mengambil tindakan sesuai yang diperlukan.

Versi Beta Horizon

Sebagai game VR, tentunya pemain bisa mengakses game Horizon ini melalui platform Oculus dari Facebook. Baik Oculus Quest maupun Oculus Rift.

Saat ini versi beta game Horizon baru bisa diakses oleh warga Amerika dan Kanada. Mereka yang berminat bisa menambahkan namanya dalam daftar tunggu.

Game Horizon ini memang masih tahap uji coba. Jelas belum dibisa dibandingkan secara langsung dengan dunia OASIS di film Ready Player One atau dunia OZ di film anime Summer Wars.

Tapi bayangkan kalau game ini sudah mapan. Pasti sistemnya akan terus menjadi lebih baik dan gambarnya pun pasti semakin realistis seiring berjalannya waktu. Bukan tidak mungkin dunia virtual seperti OASIS atau OZ pun akan terwujud.

Coba intip dulu di situs resminya.

%d blogger menyukai ini: