Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Facebook Resmi Uji Coba Fitur “Community Chats” di Messenger

Indri Penulis

Facebook akan mulai uji coba fitur “Community Chats” di Messenger. Proses uji coba ini akan dilakukan selama beberapa minggu mendatang.

Selama ini Facebook telah berhasil menghubungkan miliaran orang secara online, baik lewat fitur-fitur yang ada di dalam Facebook itu sendiri atau lewat Messenger.

popculture.id

Namun kali ini Facebook ingin menaikkan ambisinya. Facebook ingin membantu penggunanya agar tetap terhubung satu sama lain, sekaligus menjangkau lebih banyak orang dengan ‘minat yang sama.’ Untuk itulah mereka membuat fitur Community Chats.

Apa itu Community Chats? Community Chats adalah fitur yang memungkinkan pengguna membuat komunitas, memulai obrolan, membuat saluran audio, sampai mengundang orang lain untuk bergabung ke grup komunitas mereka. Sekilas, Community Chats hampir mirip dengan fitur Community yang ada di Twitter.

Selain itu, Meta juga mengatakan kalau fungsi fitur anyar ini akan menggabungkan Messenger dan Facebook Group dengan lebih mulus.

Lalu bagaimana cara kerja fitur ini? Dimulai dari adminnya dulu ya. Admin Community Chats akan diberi beberapa opsi yang bisa dipilih saat membuat obrolan komunitas.

Contohnya opsi obrolan acara, obrolan hanya lihat, obrolan khusus admin, channel audio, dll. Khusus untuk tipe obrolan ‘hanya lihat,’ hanya admin yang bisa memposting pesan dan anggota komunitas cuma bisa melihatnya (nggak bisa mengomentari pesan tersebut).

Nah yang nggak kalah penting, Facebook juga menawarkan tools untuk moderasi. Dengan tools ini admin bisa memblokir, membisukan, dan menangguhkan anggota yang nggak patuh dengan aturan komunitas. Oya, tools tersebut juga bisa menghapus pesan mereka secara otomatis lho.

Masih ada lagi. Admin akan memperoleh tools ‘Admin Assist.’ Ini adalah fitur yang bisa membantu admin mengelola komunitasnya. Admin Assist bisa menangguhkan pengguna, menghapus pesan yang dilaporkan, dan bahkan memblokir pesan dari anggota tertentu / yang berisi konten melanggar aturan.

Admin juga akan dibekali tools untuk menciptakan pengalaman navigasi yang mudah. Tools ini bisa menempatkan topik tertentu dalam kategori mereka sendiri. Dengan tools ini, pengguna bisa menemukan dan mengetuk percapakan apa yang ingin mereka ikuti.

Nggak cuma itu. Admin juga dibekali kemampuan untuk menyesuaikan semua tampilan obrolan di dalam komunitas. Salah satunya menyesuaikan tampilan latar belakang obrolan komunitas.

Lalu bagaimana dengan anggota Community Chats? Apa saja yang bisa dilakukan anggota? Semua anggota bisa melaporkan konten berbahaya kepada admin komunitas, memblokir pengguna, dan meninggalkan obrolan komunitas kapan saja.

Sementara itu lewat halaman resminya, Facebook mengumumkan kalau fitur Community Chats akan diuji coba di Messenger terlebih dulu. Pengujian akan dilakukan selama beberapa minggu. Kemudian Facebook juga akan memperluas fitur tersebut ke lebih banyak Facebook Grup di masa mendatang.

    %d blogger menyukai ini: