Facebook Diminta Melepas Instagram dan Whatsapp 

Perusahaan jejaring sosial terbesar di dunia digoyang kritikan tajam. Facebook diminta untuk melepas aplikasi Instagram dan Whatsapp.

Bukan rahasia lagi kalau Facebook sudah menjadi perusahaan raksasa di dunia. Apalagi perusahaan ini juga memiliki aplikasi yang paling populer, yaitu Instagram dan WhatsApp. Namun justru itulah yang membuatnya mendapat kritik.

Kritikan tajam tersebut ternyata tidak dilontarkan oleh orang lain. Melainkan dari seseorang yang merupakan salah satu pendirinya, yaitu Chris Hughes.

Ia secara khusus menulis kolom opini di New York Times. Dalam artikelnya itu, Chris merujuk pada kekuasaan absolut yang dipegang oleh Mark Zuckerberg.

Aplikasi yang dimiliki Facebook (Foto: Inet Detik)

Chris menganggap kekuasaan Mark sudah berlebihan dan tidak bisa dikendalikan lagi. Mark Zuckerberg mengendalikan 3 layanan besar, yang hampir seluruh lapisan masyarakat menggunakannya.

Selain Facebook sendiri, seperti sudah disebut di atas, juga ada Instagram dan Whatsapp. Dengan jumlah pengguna yang begitu besar, kekuasaan atas data dan informasi yang dimilikinya memang berlebihan dan bisa berbahaya.

Oleh karena itu, Chris Hughes mengusulkan bahwa sebaiknya Facebook dipecah saja. Itu artiya Facebook harus melepas Instagram dan Whatsapp.

Facebook sendiri membeli Whatsapp pada tahun 2014 yang lalu. Sedangkan Instagram diakuisisi oleh Facebook dua tahun sebelumnya.

Chris Hughes (foto: The Indian Express)

Chris Hughes juga mengatakan bahwa Mark sebenarnya adalah orang yang baik. Tapi Chris tidak suka melihat fokus Mark soal perkembangan Facebook membuatnya mengorbankan keamanan dan privasi hanya demi sebuah klik saja.

“Mark Zuckerberg memang memberikan pengaruh besar dibandingkan siapapun di sektor swasta atau pemerintahan. Mengendalikan tiga platform raksasa sekaligus membuat kekuatan Mark tidak terkira. Inilah waktunya untuk memecah Facebook dari dua platform komunikasi lainnya”. Tulis Chris Hughes.

Kritik Chris merupakan salah satu dari berbagai kritik lain seputar Facebook. Apalagi setelah jejaring sosial ini tersorot oleh insiden Cambridge Analytica. Bahkan Brian Acton, salah satu pendiri WhatsApp, pun sempat menggalakkan gerakan #DeleteFacebook (yang dijawab lucu oleh Elon Musk).

Nah, menurutmu apakah kritikan Chris Hughes ini masuk akal? Atau memang sebaiknya ketiga platform komunikasi raksasa tersebut dikendalikan oleh Mark saja?

More Stories
Rekomendasi Serial Anime Bertema Time Travel Selain Doraemon