Facebook Resmi Ganti Nama Jadi Perusahaan “Meta”

Indri Penulis

Perusahaan Facebook akhirnya resmi ganti nama jadi “Meta.” Meta akan menaungi berbagai media sosial, VR dan AR yang ada di bawahnya.

Desas-desus soal Facebook yang bakal melakukan rebranding alias ganti nama memang telah mencuat sejak beberapa waktu lalu. Rumornya perusahaan milik Mark Zuckerberg ini bakal ganti nama jadi Metaverse.

Sekarang yang dinanti-nantikan sudah datang. Facebook akhirnya resmi ganti nama. Bukan berubah jadi Mateverse seperti rumor sebelumnya, Facebook memutuskan untuk ganti nama jadi “Meta.”

Jadi untuk memperjelas semuanya, Meta kini menjadi nama perusahaan pemilik Facebook, Instagram, WhatsApp dan Oculus. Jadi media sosial Facebook masih akan tetap bernama “Facebook” ya.

Meta terdiri dari dua segmen operasi, yakni Family of Apps dan Reality Labs. Family of Apps bakal menaungi berbagai aplikasi yang ada di bawah Meta (Facebook, Instagram, WhatsApp). Sedangkan semua VR dan AR akan ada di bawah naungan Reality Labs.

Sumber : GSMArena

Meta bertujuan untuk mengembangkan ‘metaverse,’ menghidupkannya, sambil tetap membantu orang-orang agar tetap terhubung, menemukan komunitas, dan mengembangkan bisnis (tentunya).

Metaverse akan terasa seperti campuran dari pengalaman sosial online saat ini, terkadang diperluas menjadi tiga dimensi atau diproyeksikan ke dunia fiksi. Metaverse memungkinkan kalian berbagi pengalaman mendalam dengan orang lain, bahkan ketika kalian tidak bersama ‘di dunia nyata.’ Ini adalah evolusi berikutnya dari garis panjang teknologi sosial,” tulis Meta dalam siaran persnya.

Meta juga bilang kalau metaverse yang mereka inginkan ‘masih jauh’ dari taget, tapi sebagian sudah mulai bisa dinikmati. Contohnya apa?

Kamu bisa lihat Horizon Home. Horizon Home adalah dunia virtual bikinan Meta (dulu di era Facebook namanya cuma Horizon). Jadi nanti saat kamu menggunakan headset Oculus Quest, hal yang pertama kali kamu lihat adalah Horizon Home.

Seperti yang kamu lihat dalam cuplikan video di atas, di Horizon Home kamu bisa berinteraksi dengan orang lain di dunia virtual. Misalnya hangout, nonton video, main game, sampai memakai aplikasi bareng-bareng. Biar makin seru, kalian juga bakal berubah jadi karakter virtual lho.

Rencana Meta yang selanjutnya bisa dilihat akhir tahun ini. Nanti kamu akan dapat melakukan panggilan audio Messenger di VR. Yah, cara kerjanya bisa kamu lihat dalam video di bawah ini.

Nggak cuma itu, Quest for Business juga akan segera diuji. Quest for Business adalah berbagai fitur bisnis yang berjalan di headset Quest 2. Fitur-fitur ini memungkinkan kamu berkolaborasi dengan rekan kerja, dan mengakses Horizon Workrooms dan Gravity Sketch tanpa perlu memakai akun Facebook pribadimu.

Peluncuran beta terbatas untuk Quest for Business akan dilakukan tahun ini. Sementara peluncuran resminya baru dilakukan tahun 2023.

    %d blogger menyukai ini: