Makin Efisien! Facebook Resmi Integrasikan Messenger di Instagram

Facebook akhirnya resmi mengintegrasikan Instagram dan Messenger. Kini pengguna Instagram bisa mengirim pesan yang sama seperti di Messenger.

Sudah bukan hal baru, jika orang-orang lebih suka ngobrol secara privat di ruang obrolan aplikasi. Dari pada saling membalas komentar di postingan, karena bisa dilihat banyak orang.

Maka dari itu, semua aplikasi media sosial kini telah menyediakan ruang obrolan khusus. Menguntungkan sih. Tapi naasnya, kebanyakan media sosial membuat orang kadang lupa, aplikasi mana yang mereka pakai untuk mengobrol dengan orang tertentu.

Berkaca dari hal itu, Facebook akhirnya memutuskan untuk mengintegrasikan Instagram dan Messenger. Jadi sekarang, semua pesan yang ada di kedua aplikasi itu akan disinkronkan.

Messenger Telah Terintegrasi di Instagram

Sebelum meluncurkan fitur ini, Facebook telah melakukan serangkaian uji coba. Termasuk melakukan survey pada pengguna mereka. Hasilnya, orang mengirim lebih dari 100 miliar pesan ke teman atau keluarga setiap harinya.

Survey lain mengungkapkan jika orang-orang lebih sering berkomunikasi di ruang pribadi. Selain itu, lebih dari satu miliar orang telah memakai Messenger untuk berkomunikasi dengan teman atau keluarga.

Itulah alasan kenapa Facebook akhirnya mengintegrasikan Instagram dan Messenger. Jadi sekarang, pengguna Instagram bisa merasakan pengalaman perpesanan yang sama dengan Messenger.

Messenger di Instagram
Sumber Gambar : Facebook Newsroom

Fitur ini bersifat opsional. Itu artinya kalian bisa mengaktifkan fitur ini, atau tidak. Kalau diaktifkan, maka pesan antara dua aplikasi bakal disinkronkan. Jika tidak, maka pesan yang ada di dua aplikasi akan tetap berbeda seperti sebelumnya.

Agar lebih jelas, kalian bisa lihat cara kerja fitur sinkronisasi di bawah ini.

Integrasi Messenger di Instagram
Sumber Gambar : Facebook Newsroom

Oya saat mengaktifkan fitur ini, semua pesan dan panggilan dari teman yang memakai Instagram akan tetap ada di aplikasi. Bedanya, pengguna Messenger kini bisa menghubungi kalian lewat Instagram. Kalian juga tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan.

Sementara itu, Facebook juga menghadirkan fitur Messenger ke Instagram lho. Seperti fitur untuk membalas pesan tertentu, meneruskan pesan, sampai warna dan tema obrolan yang bisa diganti.

Fitur menarik lainnya yang bakal bisa kalian coba adalah Watch Together. Fitur ini memungkinkan kalian menonton video di Facebook Watch, IGTV, Instagram Reels, Acara TV, film, dll dengan teman selama panggilan video.

Ada juga fitur lain seperti Vanish Mode (untuk menghilangkan chat), Stiker Selfie, Custom Emoji Reactions, fitur Balasan, efek pesan animasi, dan Kontrol Pesan (untuk mengatur siapa yang bisa mengirimi kalian pesan).

Sementara ini, pembaruan ini baru tersedia di beberapa negara. Tapi Facebook mengatakan jika pembaruan ini akan diluncurkan secara global.

Oya, dalam waktu dekat ini, Facebook bakal menguji coba fitur Accounts Center. Fitur ini memungkinkan pengguna posting Story/Feed yang sama ke Facebook, Instagram dan Messenger.

banner cybersport
%d blogger menyukai ini: