Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Facebook Uji Accounts Center, Bisa Posting ke Platform Lain Sekaligus

Indri Penulis

Facebook akan uji coba fitur Accounts Center. Fitur ini memungkinkan pengguna Facebook bisa posting ke Instagram & Messenger sekaligus.

Makin ke sini, Facebook sepertinya ingin membuat semua platform-nya terhubung. Selain itu, cara kerja setiap platform pun akan jadi lebih efisien.

popculture.id

Upaya Facebook ini dimulai dengan uji coba fitur Account Center. Dengan fitur ini, pengguna bisa mengirim postingan (feed/stories) di Facebook, Instagram, Messenger sekaligus (dalam satu aplikasi).

Cara Kerja Fitur Facebook Account Center

Gambaran tentang fitur ini telah diposting Facebook di halaman resminya. Kalian bisa perhatikan gambar di bawah, untuk melihat seperti apa ilustrasi fitur ini.

Facebook Accounts Center
Sumber Gambar : Facebook Newsroom

Dalam gambar tersebut, terlihat menu ‘Story & Post Sharing.’ Sesuai namanya, menu ini dipakai untuk mengunggah Story atau Feed secara bersamaan ke platform lain. Sedangkan menu kedua ada ‘Facebook Pay Info.’ Menu ini bisa dipakai untuk memasukkan informasi Facebook Pay.

Menu Facebook Pay Info
Sumber Gambar : Facebook Newsroom

Lewat menu ini, Facebook Pay bisa dipakai di Facebook, Instagram dan Messenger dalam satu pengaturan. Intinya, kalian tidak perlu repot memasukkan informasi Facebook Pay secara terpisah.

Menu yang ketiga yakni ‘Logging in Across Accounts.’ Menu ini dipakai untuk masuk ke Facebook, Instagram dan Messenger dengan mudah. Menu ini juga bisa dipakai untuk memulihkan akun lho.

Contoh kalau kalian lupa kata sandi Messenger. Kalian bisa memulihkan akun di aplikasi Facebook. Begitu pun sebaliknya.

Menu Logging in Across Accounts
Sumber Gambar : Facebook Newsroom

Pertanyaannya. Karena bisa dipakai untuk memulihkan akun, apakah nama dan foto profil di aplikasi akan sama semua? Tenang, hal itu tidak akan terjadi.

Fitur Accounts Center tidak akan menyamakan nama dan foto profil kalian. Misalnya di Instagram username kalian @xaxarixa, tapi username di Facebook masih bisa tetap Kurnia Indri.

Tapi kalau mau, kalian juga bisa menyinkronkan nama dan foto profil semua aplikasi kok. Jadi kalau kalian mengganti nama atau foto profil di Facebook, nama dan foto profil Instagram dan Messenger juga otomatis ikut ganti.

Sementara itu, fitur Account Center akan diuji coba mulai minggu ini. Pengguna yang kebagian uji coba bisa menemukan fitur ini menu Pengaturan / Settings di Facebook, Instagram dan Messenger. Sedangkan Facebook Pay akan ditambahkan ke Account Center sebelum tahun 2021.

    %d blogger menyukai ini: