Nggak Mau Kalah, Facebook Juga Luncurkan Layanan Cloud Gaming

Kita tahu kalau Facebook sudah menghadirkan banyak game. Kini Facebook mengembangkannya lebih jauh dengan layanan cloud gaming.

Ya, sejak awal Facebook tersedia secara global, game sudah menjadi bagiannya. Mungkin kamu ingat permainan seperti Mafia Wars dan Farmville. Sampai kini pun kamu masih bisa menemukan halaman gaming di Facebook, termasuk game instan di Messenger.

Sekarang Facebook meningkatkan ambisinya dengan menambah berbagai permainan berbasis cloud di Facebook Gaming. Beberapa permainan itu adalah Asphalt 9: Legends (Gameloft), Mobile Legends: Adventure (Moonton), PGA TOUR Golf Shootout (Concrete Software), Solitaire: Arthur’s Tale (Qublix Games) dan WWE SuperCard (2K).

Facebook menyebutkan kalau game berbasis cloud ini baru tersedia terbatas di Amerika. Bahkan masih terbatas di negara bagian tertentu. Nantinya wilayah ketersediaan akan bertambah.

Walau masih terbatas, ada beberapa hal menarik dari pengumuman Facebook Gaming ini.


Nama Player

Para pengguna Facebook nantinya bisa menetapkan nama player mereka. Nama player ini bukan mengganti nama pengguna, tapi lebih menjadi alias ketika main game. Seperti Xbox Gamertag atau username di Google Play Games. Bahkan nantinya kita bisa mengatur Avatar bertema game.

nama player di facebook gaming

Cross-play dan Cross-progression

Facebook juga menyebutkan, apabila pengembang game menerapkan Facebook Login, para pemain juga bisa memainkan game di berbagai perangkat berbeda. Bahkan bisa meneruskan permainan jika berpindah ke perangkat lain. Ini juga termasuk pembelian dalam aplikasi.

Tampilan Halaman Facebook Gaming Baru

Facebook pun memperbarui tampilan halaman Gaming agar pemain lebih mudah menemukan permainan baru, meneruskan game yang mereka mainkan, dan memberi rekomendasi ke teman.

Iklan Game Bisa Dimainkan

Untuk para pengembang game, Facebook menawarkan fitur iklan untuk game mereka yang bisa dimainkan. Dengan begitu pengguna Facebook bisa mencoba dulu demo game sebelum benar-benar memainkannya.

Belum Tersedia untuk iOS

Facebook menyebutkan kalau saat ini layanan cloud gaming baru tersedia dalam versi beta untuk Android dan lewat web (browser, di fb.gg/play). Hal ini berkaitan dengan kebijakan Apple untuk App Store mereka. Sebelumnya layanan xCloud dari Microsoft bermasalah dengan App Store dari Apple.

Berbeda dengan Layanan Cloud Gaming Lain

Hal menarik lain yang disebutkan dalam pengumuman ini adalah Facebook Gaming berbeda dengan layanan lain, seperti Google Stadia atau Amazon Luna. Tidak ada persyaratan khusus untuk perangkat keras atau kontroler. Jadi kamu memainkannya mirip dengan main game di Facebook, namun dengan game yang lebih mantap.


Kelihatannya Facebook memang benar-benar berambisi memaksimalkan platform mereka ke segala bidang. Sebelum ini kita sudah tahu pengumuman mereka untuk mempermudah belanja lewat WhatsApp.

Pastinya bakal seru melihat persaingan gaming berbasis cloud ini. Kalau koneksi internet sudah memungkinkan dan layanan Facebook Gaming via cloud ini sudah tersedia, apa kalian berminat mencoba?

banner cybersport
%d blogger menyukai ini: