Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

7 Fakta Menarik Tentang Robot Pintar untuk Menuju Dunia Modern

Nao Robot

Semakin hari kita semakin memasuki dunia yang kian modern. Hampir semua aktivitas manusia sekarang telah ditunjang dengan berbagai teknologi yang canggih.

Tak dipungkiri, kita juga semakin memasuki dunia yang futuristis, dunia dimana kita tak dapat lagi menolak untuk tidak hidup dengan teknologi AI ( Artificial Intellegence) dan semakin bergantung padanya.

Bahkan sedikit demi sedikit kita mulai hidup berdampingan dengan robot-robot pintar.

Membahas perihal robot, seringkali tak banyak orang yang mengetahui tentang fakta robot yang sebenarnya.

Didalam robot terdapat fakta-fakta unik yang dapat dikulik. Penasaran apa saja fakta-fakta uniknya?

Kata robot tidak berasal dari Amerika

svg%3E
Sumber Gambar : IDN Times

Sebenarya, kata robot sendiri berasal dari Ceko, yaitu robota yang berarti pekerjaan yang sangat membosankan.

Kata robota ini pertama kali muncul pada tahun 1921 melalui pertunjukan drama yang bejudul Rossum’s Universal Robots.

Dalam pertunjukan tersebut, menceritakan sebuah drama yang berakhir tragis karena sang mesin membunuh penciptanya sendiri.

Salah satu robot rumah tangga pertama berasal dari mainan anak-anak

svg%3E
Sumber Gambar : IDN Times

Pada tahun 1980-an terdapat salah satu mainan keren yang  bisa diberikan kepada anak-anak, yaitu sebuah robot yang terprogram.

Beberapa perangkat mainan robot tersebut sudah terpasang, namuna da juga beberapa perangkat lainnya yang memang harus dirakit terlebih dahulu.

Dan dari situlah perkembangan teknologi robot dimulai.

Konsep robot sudah ada sejak abad 15

svg%3E
Sumber Gambar : Kompas Tekno

Fakta unik berikutnya adalah kemuculan konsep robot pada awalnya. Percaya tidak percaya konsep robot ini telah dipikirkan sejak enam abad yang lalu, yaitu pada abad 15.

Konsep ini pertama kali diutarakan oleh Leonardo da Vinci, ia berpikir untuk membuat sebuah mesin humanoid atau semacam robot.

Robot vacuum cleaner membuat robot domestik menjadi mainstream

svg%3E
Sumber Gambar : Product Review

Apakah kamu pikir robot pertama yang populer adalah robot berbentuk manusia? Kenyataannya adalah tidak.

Robot pertama yang populer bukanlah berbentuk manusia maupun hewan, melainkan berbentuk seperti piring yang tugasnya untuk menyedot debu. Kalian bisa menyebutnya sebagai robot vacum cleaner.

Robot vacum cleaner ini dikembangkan sejak awal tahun 2000. Dilengkapi dengan sensor gerak, robot ini dapat mendeteksi debu yang ada di ruangan dan dapat menghindari penghalang yang ada didepannya.

Robot pelayan kebanyakan wanita

svg%3E
Sumber Gambar : Robotic Explorer

Pada umumnya, robot memang tidak memiliki gender, namun suara  yang digunakan untuk mengisi suara robot, sebagian besar datang dari suara wanita.

Selain itu wanita juga diidentikan sebaga seorang pelayan ,jadi tak heran jika robot pelayan kebanyakan adalah berpenampilan wanita.

Masyarakat lebih menyukai robot yang memiliki karakter

svg%3E
Sumber Gambar : Kalengdrum Teknologi

Kebanyakan orang lebih menyukai sebuah robot yang memiliki kemampuan untuk membangun sebuah hubungan atau dapat berinteaksi dengan manusia.

Hasil studi di tahun 2016, menunjukan bahwa orang-orang lebih mudah memaafkan robot yang bisa meminta maaf, meskipun sebenarnya sebuah robot tidak memiliki perasaan.

Masyarakat tidak suka robot yang mirip dengan mereka

svg%3E
Sumber Gambar : Sains Kompas

Pada kenyataannya, banyak masyarakat yang justru tak menyukai robot-robot yang humanoid atau menyerupai seperti manusia asli.

Hal itu disebabkan karena ketidaknyamanan yang datang dari adanya rasa terancam akan masalah identitas yang semakin samar antara robot dan manusia. Sehingga nantinya akan sulit dibedakan yang mana robot dan mana manusia.

Nah, itulah fakta-fakta unik yang kalian dapatkan dari mesin canggih ini. Semoga kedepanya akan ada robot-robot lain yang lebih canggih, namun tetap tidak menggeser populasi manusia.