3 Fakta Unik dari REX, Manusia Bionik Pertama di Dunia

Akhirnya zaman terminator telah tiba, suatu saat nanti manusia bionik yaitu separuh manusia separuh mesin akan bertebaran di muka bumi ini.

Manusia bionik adalah manusia yang berwujud seperti manusia asli, namun bagian dalamnya terbuat dari komponen elektronik yang terhubung melalui microchip dan komputer.

Ketika kalian melihat Luke Skywalker di film Star Wars Eps V, ia mendapat tangan bionik sempurna untuk menggantingan bagian tangannya yang terputus, ide mereplikasikan organ manusia dan bagian tububh lainnya nampaknya terlihat terlalu fiktif dan mengada-ada.

Namun akhirnya seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, ide tersebut bukan lagi hanya cerita fiktif belaka, karena berikut ada fakta-fakta menarik dari REX, sang manusia bionik pertama di dunia.

Penasaran apa saja fakta-faktanya? Langsung saja simak ulasan berikut ini.

Terminator asli buatan manusia

Sumber Gambar : Liputan6.com

Para ilmuwan telah menciptakan REX, yaitu manusia bionik pertama paling lengkap di dunia, dan baru saja resmi diluncurkan di London.

Mereka percaya, bahwa sekarang kita dapat mereplikasikan sekitar 2/3 dari sebuah organ manusia. Tak disangka, jika ternyata begitu banyak bagian tubuh manusia yang bisa diganti.

Hampir 60-70 persen  manusia bionik ini memiliki organ layaknya manusia. Hadirnya REX ini diklaim sebagai awal dari kelahiran manusia bionik.

Namun hadirnya manusi bionik ini juga mempunyai dampak negatif dan positif. Para ilmuwan berkata bahwa mereka masih bisa mengendalikan teknologi ini.

Tetapi apa jadinya jika suatu saat nanti peradaban manusia bionik ini lebih mendominasi ketimbang manusia asli? Apakah kita akan sanggup melawannya?

Ide pembutannya berasal dari seorang penyandang cacat

Sumber Gambar : mdr.de/Bertolt Meyer

Bertolt Meyer adalah tokoh utama dibalik terciptanya REX. Bertolt Meyer memiliki pandangan yang menarik, karena ia dilahirkan tanpa tangan kirinya dan sekarang memakai prosthesis alias tangan palsu dengan sistem bionik.

Akhirnya dari keterbatasannya ini ia berfikir untuk semakin mengembangkan teknologi tersebut. Memang tak semua orang diluar sana percaya bahwa kemajuan ini nyata adanya, namun hal ini terbukti sangat mengesankan, yaitu dengan kemampuan menggandakan organ tubuh dan jaringan manusia.

Meskipun protese merupakan lengan bertenaga motor yang tidak bisa sepenuhnya mampu menandingi ketangkasan tangan asli, namun setidaknya tangan dengan sistem bionik ini sudah mampu digunakan untuk mengangkat beban.

Dan suatu saat nanti, teknologi dengan sistem bionik ini  pasti akan terus dikembangkan.

Puncak pencapaian robotika dunia saat ini ditunjukkan dengan keberadaan REX

Sumber Gambar : Asap Industri

REX merupakan puncak pencapain tertinggi dunia robotika saat ini. ia memiliki struktur yang mirip sepeti manusia,  seperti kepala, tangan, tulang, wajah bahkan retina (organ mata) dan telinga buatan.

REX ini juga memiliki organ dalam lainnya seperti, pankreas (untuk metabolime gula darah) , sepasang paru-paru buatan dan kandung kencing, yang masih dalam taraf pengembangan.

Namun meskipun terlihat begitu canggih, beberapa teknologinya tetap tak bisa bekerja tanpa capur tangan manusia. Ada beberapa bagian tubuh yang memang masih harus dikendalikan.

Manusia bionik ini mampu berjalan dan berbicara, namun tak memiliki detak jantung layaknya manusia.

REX memang mirip seperti manusia, bahkan ia memiliki organ-organ seperti manusia. Memiliki struktur tulang dan persendian, membuat REX mampu berdiri dan berjalan seperti kita manusia biasa.

REX ini dijuluki sebagai Millions Dollar Man, itu karena biaya yang dibutuhkan untuk membuatnya sangatlah mahal.

Semuanya menelan biaya hampir US$1 juta, itu setara kurang lebih Rp150 Miliar (dengan kurs 1 US$ = Rp15 ribu).

Nah itu dia beberapa fakta menarik dari REX, semoga kedepannya ia semakin memberikan dampak positif bagi kehidupan manusia.

%d blogger menyukai ini: