7 Fakta Unik dari Xiaomi

Nama perusahaan Xiaomi nampaknya menjadi semakin ramai diperbincangkan di dunia teknologi sekarang ini.

Perusahaan yang masih bisa tebilang baru ini menjadi kuda hitam di persaingan dunia teknologi, khususnya pasar smartphone.

Dengan harga yang sangat terjangkau, namun mampu menghadirkan spesfikasi yang tinggi, Xiaomi berhasil membuat perusahaan besar semacam Apple dan Samsung geleng-geleng dengan produk yang dikeluarkannya.

Sama halanya dengan perusahaan teknologi yang lainnya, tentu saja perusahaan asal China ini memiliki banyak hal yang tidak diketahui orang-orang.

Biasanya fakta-fakta tersebut tepat berada di depan mata kita, namun seringkali tak banyak orang yang menyadarinya.

Dan berikut adalah beberapa fakta unik perusahaan smartphone fenomenal di dunia ini, yang harus kalian ketahui!

Namanya yang sangat filosofi

Sumber Gambar : STUDENT | Universitas Udayana

Nama Xiaomi ini berarti jawawut dan nasi, namun itu semua bukan berarti sebuah makanan, melainkan adalah konsep filosofi Budha yang artinya, mulailah dari kecil sebelum akhirnya mengincar yang berada di puncak.

Sedangkan kata Mi sendiri merupakan akronim mission impossible untuk  melambangkan halangan rintangan yang harus mereka hadapi.

Dianggap sebagai Apple-nya Cina

Sumber Gambar : xiaomitoday.com

Secara elegansi, kesederhanaan dan minimalisme, konsep desain-desain produk Xiaomi sebenarnya sangatlah mirip dengan Apple.

Namun jika Apple nampak sangat menggambarkan Amerika, sedangkan Xiaomi menjadi perusahaan  yang menggambarkan negara China.

Jadi tak heran jika Xiaomi sering disebut sebagai Apple-nya China.

Memiliki maskot kelinci

Sumber Gambar : Tekno notepandx

Berbicara perihal maskot, Xiaomi memiliki maskot yang ia diberi nama Mitu. Mitu ini adalah seekor kelinci yang mengenakan topi bernama Ushanka atau topi Lei Feng.

Yang mana topi tersebut memiliki logo bintang merah. Topi berlogo bintang merah ini sering digunakan oleh para mileter di China.

Selain itu, Mitu juga mengenakan syal leher yang berwarna merah juga.

Tidak memiliki toko offline

Sumber Gambar : Inet Detik

Jika kalian menganggap Xiaomi berawal dari perusahaan besar yang memiliki begitu banyak offline store dimana-mana, itu adalah salah besar.

Percaya atau tidak, Xiaomi pertama kali justru tidak memiliki toko offline resmi layaknya Apple Store yang langsung di-handle perusahaannya.

Beberapa waktu belakangan ini, ia baru saja memiliki toko offline secara resmi. Tidak memiliki toko di awal karirnya, justru membuat mereka dapat memangkas harga produknya hingga berlipat-lipat.

Hampir tidak pernah ada pengiklanan

Sumber Gambar : lowyat.net

Jika kalian perhatikan, pernahkan Xiaomi memasarkan barangnya melalui iklan ? tidak pernah bukan? itu karena mereka memang hampir tidak pernah memasang iklan.

Mereka hanya memasang satu iklan kerjasama melalui endorsement manajemen AKB48, yaitu JKT48 dan SNH48.

Memegang rekor penjualan tercepat

Sumber Gambar : guinnessworldrecords.com

Melihat berbagai macam produk yang diluncurkannya memiliki harga yang terjangkau, jadi tak heran jika Xiaomi memegang rekor penjualan tercepat di dunia.

Xiaomi berhasil mendapatkan rekor dunia Guiness dengan mampu menjual 15 ribu produk Mi3 di India, hanya dalam waktu 2 detik saja. Wow benar-benar waktu yang tidak pernah bisa ditandingi siapapun.

Itu sebabnya, produk Xiaomi Mi3 digadang-gadang sebagai smartphone yang terjual paling cepat sepanjang sejarah dunia smartphone.

Bukan hanya itu saja, xiaomi juga mampu menembus rekor dengan berhasil menjual 2,1 juta smartphone hanya dalam waktu satu hari saja pada tahun 2014 silam.

Logo yang memiliki dua cara baca

Sumber Gambar : Berbagai sumber

Apakah kalian sadar jika kalian bisa membaca logo Xiaomi meskipun dibalik? Ya! kalian bisa membaca logo Xiaomi ini, karena desain logo Xiaomi yang bertuliskan Mi saja merupakan tulisan kanji China. Jika dibalik itu dapat diartikan sebagai hati.

Itu dia beberapa fakta unik dari Xiaomi ini, sebenarnya ini masih sebagaian faktanya saja, masih ada fakta unik lainnya yang belum kita ulas disini.

Jadi, sejauh ini  mau fakta dari Xiaomi yang menurut kalian paling unik?

%d blogger menyukai ini: