Fast & Furious 6: The Game

Anom Penulis

Ini dia salah satu game yang oke punya. Fast & Furious 6: The Game. Sebagai penyuka game balap seperti Asphalt, game ini memang kudu saya install di Windows Phone saya. Sekalian mencoba kemampuan Lumia 930 yang saya pegang.

Dengan memilih muscle car sebagai mobil pertama saya, petualangan pun dimulai. Walaupun Fast & Furious 6: The Game ini adalah game balap, game ini memiliki sisi cerita. Tentu saja dengan latar belakang filmnya. Di awal game dan pada setiap awal misi, kita akan dipandu oleh tokoh-tokoh dari film Fast & Furious. Untuk urusan mobil, biasanya Tej yang memandu. Bahkan kita akan balapan juga dengan mereka, misalnya dengan Roman yang tengil.

 

Selain game berbasis cerita, ada juga beberapa game lain yang bisa kita mainkan. Ada Ladder Races, Challange Races, Daily Races, dan Online Races. Seperti namanya (ladder berarti tangga), di Ladder Races kita akan meniti karir balap. Di Challenge Races, kita akan menemui berbagai tantangan. Di Daily Races, kita akan menyelesaikan tantangan hari ini (yang akan hilang setelah semua tantangan selesai dan kita mendapat reward). Lalu di Online Races, kita bisa bertanding dengan pemain lain secara online. Tapi sebenarnya game ini adalah game online, jadi kalau koneksi internet buruk yaaa… apa boleh buat.

Secara mendasar, ada 2 jenis pertandingan di game Fast & Furious 6 ini. Drag Race, dan Drift. Hm, sudah tahulah ya apa maksud 2 game ini. Kalau mau bicara hal yang lebih mendasar lagi, sebenarnya yang dimainkan di sini adalah ketepatan. Baik ketepatan memindah persneling, melakukan drift, atau menggunakan NOS.

Pada permainan drift misalnya. Di game jenis ini ada 2 titik penting yang menuntut ketepatan. Saat memulai drift, dan selesai. Kalau tepat, kecepatan kendaraan akan optimal.

Melakukannya cukup mudah. Hanya tap tombol drift di sebelah kiri layar. Lalu ada pula panduannya. Baik peringatan sebelum bertemu belokan, maupun bidang ideal untuk melakukan dan menyelesaikan drift.

Begitu pun di drag race. Yang kita lakukan hanyalah swipe ke atas tuas persneling pada saat yang tepat, agar kecepatan kendaraan optimal. Untuk ini pun akan ada peringatan sebelumnya. Biasanya, perpindahan ideal ada di antara 5000 rpm dan 5250 rpm.

 

Berbeda dengan drift dan tuas persneling, penggunaan NOS tidak ada panduannya. Saat menggunakan NOS benar-benar sesuai perhitungan kita. NOS ini menolong saya ketika balapan berjalan cukup imbang, dan saat itu sudah mendekati garis finish (ada indikatornya di atas).

Jadi, gameplay Fast & Furious 6: The Game cuma pencet-pencet tombol saja? Nggak ada fungsi setir seperti di Asphalt? Nggak pakai miring-miringin hape kayak orang gila? Mungkin ada berpikir seperti itu. Yah, ini tergantung kesukaan sih. Saya sih tetap suka. Game-nya cukup kompetitif kok. Menantang. Well, maybe boys will be boys after all.

Layaknya game balap lain, di Fast & Furious 6: The Game juga ada garasi tempat kita oprek kendaraan. Seperti biasa, kita bisa upgrade suku cadang, mengatur tampilan, atau membeli kendaraan. Semua dilakukan dengan coin dan gold (yang berhuruf F) yang kita punya. Keduanya bisa kita dapat seiring kita bermain. Tapi gold bisa juga kita beli lewat IAP.

Upgrade suku cadang yang kita lakukan akan memiliki waktu proses yang beragam. Semakin tinggi levelnya, semakin lama waktu pengantaran suku cadang. Kita bisa mempercepat proses dengan membayar gold. Mirip seperti di game Monster Castle.

Fast & Furious 6: The Game adalah game yang menyenangkan menurut saya. Gambar grafisnya bagus, musiknya oke, ceritanya lumayan. Tantangannya juga bervariasi. Dengan besar game yang ‘hanya’ 270 MB, game ini menggiurkan kalau dibandingkan Asphalt. Walau harus diakui Asphalt memiliki aksi yang lebih bombastis. Kelemahannya, tentu saja adalah sisi online-nya.

Fast & Furious 6: The Game bisa didapat di bursa Windows Phone dengan gratis. Game ini bekerja di Windows Phone 8 dan 8.1. Sayangnya, game ini belum mendukung ponsel Windows Phone dengan RAM 512.

    %d blogger menyukai ini: