8 Fenomena Tren Makanan di Media Sosial Paling Heboh. Ada BTS Meal!

Indri Penulis

Indonesia pernah diguncang sama fenomena tren makanan yang paling heboh di media sosial lho. Apa saja makanannya? Yuk kita intip di sini.

Bicara soal makanan memang nggak ada habisnya ya. Apalagi seiring berjalannya waktu, muncul resep-resep makanan baru yang “bahan dan cara bikinnya gampang” banget.

Nggak melulu harus berguru sama chef. Dengan bermodalkan kreativitas dan bahan seadanya, resep makanan dan minuman unik pun dapat tercipta.

Dari sekian tren makanan dan minuman baru yang tercipta, ada beberapa yang viral dan sampai menghebohkan jagat media sosial di Indonesia lho.

Nah, saya telah merangkum beberapa makanan dan minuman yang pernah ‘viral banget’ di Indonesia. Ada yang viral beberapa tahun lalu, ada yang ‘baru-baru ini’ viralnya. Yuk langsung saja!

BTS Meal

Ini nih yang beberapa waktu lalu sempat viral sekaligus bikin kontroversi di Indonesia. BTS Meal, menu baru McDonald’s hasil kolaborasi dengan BTS.

Nuansa box dan gelas minum yang serba ungu, membuat ARMY (penggemar BTS) khususnya, ramai-ramai pesan menu yang satu ini. Ada yang datang langsung ke gerai McDonald’s, ada yang pesan via ojek online (dan sampai bikin pihak berwajib turun tangan buat menertibkan kondisi di sekitar lokasi).

Terlepas dari kontroversinya, ada hal-hal unik di balik fenomena BTS Meal lho. Karena bungkusnya serba ungu, pembeli pun ada yang sampai mengabadikan box BTS Meal menjadi bentuk-bentuk lucu. Tagar #BTSMeal di media sosial pun ramai dengan kreasi box BTS Meal bikinan ARMY.

Gimana, kamu kemarin sempat kebagian tidak?

Tteokbokki

Buat penggemar drama Korea, pastinya sudah nggak asing sama makanan yang satu ini. Tteokbokki, makanan khas Korsel berupa tteok dari tepung beras yang dimasak dalam saus gochujang, kemudian bagian atasnya di taburi wijen.

Makanan yang satu ini sebenarnya sudah populer dari dulu. Tapi baru-baru ini makanan tersebut sedang tren banget di media sosial, khususnya TikTok.

Viralnya jajanan ini berawal dari betapa susahnya orang-orang buat mendapatkan tteokbokki di Indonesia. Lalu baru-baru ini, di salah satu jaringan minimarket populer di Indonesia menyediakan tteokbokki. Alhasil, orang-orang yang penasaran langsung membelinya dan mengunggah kontennya ke TikTok.

Rujak Mangga Boncabe

Kalau yang ini, kamu sudah pernah coba belum? Rujak manga boncabe juga sedang viral lho sekarang. Jika kamu cari tagar #menuviral di TikTok, mayoritas video yang tampil bakal bahas soal rujak mangga boncabe.

@asahidtehyung

haseum,lada,pangset menyatu dalam rujak ini #menuviral #resep #rujak #mangga #fyp @steincookware

♬ Kamu jelek tapi ngangenin – Mas Paijo

Sesuai julukannya, resep makanan ini cuma membutuhkan manga muda dan boncabe. Cara bikinnya, kamu cukup potong-potong mangga muda dan aduk dengan taburan boncabe. Kalau ingin ada rasa manisnya, kamu juga bisa taburkan gula di atasnya.

Dalgona Coffee

Asal usul Dalgona Coffee belum begitu lama. Resep ini tercetus saat orang-orang Korea Selatan menerapkan social distancing (awal-awal pandemi tahun 2020). Lalu yang bikin menu ini viral, mereka membuat Dalgona Coffee lalu mengunggahnya ke Instagram. Boom! Menyebar deh resepnya ke dunia.

Indonesia adalah salah satu negara yang terkena demam Dalgona Coffee waktu itu. Dari kalangan orang biasa sampai tokoh publik, ramai-ramai mengikuti Dalgona Coffee Challenge di TikTok.

Dessert Box Oreo

Boleh dibilang, TikTok adalah sumber dari tren makanan viral di Indonesia. Selain beberapa makanan yang saya sebutkan di atas, dessert box Oreo juga dipopulerkan di TikTok lho.

Sama seperti Dalgona Coffee, makanan ini juga viral di era awal pandemi. Di saat pergerakan orang-orang dibatasi dan harus di rumah saja, beberapa dari mereka mencoba resep dessert yang unik tapi bahannya simpel.

Dan.. Jadilah dessert box Oreo. Seiring berjalannya waktu, dessert box Oreo tak cuma menjadi tren makanan viral lho. Justru makanan ini mendatangkan peluang bisnis bagi banyak orang. Sampai sekarang (walau dia sudah nggak se-viral dulu), makanan yang satu ini banyak dijual dan bisa kita temukan penjualnya di media sosial.

Es Kepal Milo

Es Kepal Milo adalah jajanan yang berasal dari Negeri Jiran Malaysia. Jajanan mini ini juga sempat viral di Indonesia lho, tepatnya di pertengahan tahun 2018.

Jadi sesuai namanya, jajanan ini terbuat dari kepalan es serut yang disiram dengan fla berbahan dasar Milo. Di atasnya lalu diberi berbagai macam topping seperti sereal, meses, kacang, parutan keju, dll.

Samyang

Jauh sebelum BTS Meal dan pandemi ada (tepatnya di tahun 2017), makanan yang satu ini sempat menuai pro dan kontra di Indonesia lho. Mi yang terkenal dengan level pedasnya ini, dulunya sempat ditolak berbagai pihak. Sebab diduga, Samyang yang notabene berasal dari Korsel ini haram dikonsumsi.

Tapi setelah dikonfirmasi oleh MUI, Samyang halal dan boleh dikonsumsi siapa saja. Nah.. Setelah itu, orang-orang yang penasaran langsung menyerbu mi yang satu ini.

Bahkan di media sosial dulu ramai banget tagar #SamyangChallenge. Video-nya bisa ditebak, isinya aktivitas mukbang (makan) Samyang dengan berbagai ekspresi “kepedesan” yang berbeda-beda tentunya.

    %d blogger menyukai ini: