Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Facebook Rilis Fitur Kustomisasi Postingan yang Tampil di Feed

fitur kustomisasi facebook feed
Fitur Kustomisasi Postingan Feed Facebook (Sumber: Facebook)
Indri Penulis

Facebook resmi meluncurkan cara baru untuk kustomisasi postingan yang tampil di feed pengguna. Simak artikel ini buat tahu detilnya.

Facebook hingga saat ini masih menjadi salah satu media sosial terbesar di dunia. Sayangnya makin ke sini, nggak sedikit orang yang mulai bosan pakai Facebook (termasuk saya sih).

Alasannya tentu beragam. Tapi salah satu alasan kebanyakan orang ‘ogah’ pakai Facebook karena postingan yang tampil di Beranda mayoritas justru bukan dari teman/grub yang diikuti. Mayoritas yang tampil adalah postingan hasil rekomendasi Facebook, yang sebenarnya tidak diminati pengguna.

Sadar dengan masalah tersebut, Facebook kini menghadirkan opsi baru untuk kustomisasi postingan yang tampil di feed. Mulai hari ini, pengguna bakal melihat tombol baru pada postingan dari orang dan komunitas yang postingannya direkomendasikan Facebook.

tampilan tombol show more dan show less di facebook feed
Tombol pilihan tampilkan di Feed – sumber: Facebook

Tombol tersebut adalah “Tampilan lebih banyak” atau “Tampilkan lebih sedikit.” Lalu apa perbedaan dari kedua tombol tersebut?

Tombol “Tampilkan lebih banyak” bakal meningkatkan skor peringkat untuk postingan tersebut. Artinya, postingan sejenis itu akan lebih banyak tampil di Facebook.

Sebaliknya, kalau pengguna memilih opsi “Tampilkan lebih sedikit,” maka skor peringkat dari postingan tersebut akan turun. Hasilnya postingan sejenis itu akan lebih jarang muncul di feed.

Tapi efek dari tombol ini tidak akan bertahan selamanya. Kustomisasi ini hanya bertahan selama 60 hari. Setelah itu, rekomendasi postingan yang tampil di feed bakal sesuai algoritma Facebook seperti biasanya.

menu pilihan show more dan show less di facebook feed
Menu pilihan untuk Feed – sumber: Facebook

Dalam pengumumannya, Facebook mengatakan kalau mereka sengaja memilih rentang waktu 60 hari. Pasalnya menurut penelitian mereka, pengguna ingin preferensi seperti ini bertahan setidaknya selama beberapa minggu. Selain itu, Facebook juga ingin mengikuti perubahan preferensi pengguna.

Sebelumnya, Facebook hanya memungkinkan penggunanya untuk menyembunyikan postingan dari orang teman / postingan yang disarankan Facebook. Tapi sekarang, Facebook resmi meluncurkan alat untuk mengatur rekomendasi postingan yang tampil di Beranda.

Uji coba jumlah posting Feed – Sumber: Facebook

Oya selain meluncurkan fitur kustomisasi feed, Facebook juga sedang menguji coba pengaturan baru. Yakni yang memungkinkan pengguna menyesuaikan ‘berapa banyak konten’ dari teman, keluarga, Grup, Halaman dan tokoh masyarakat yang ingin mereka lihat di feed.

Contohnya pengguna bisa melihat jumlah postingan secara ‘normal’ dari teman dan keluarga. Sedangkan di sisi lain, pengguna juga bisa memilih opsi ‘kurang’ untuk melihat postingan dari Halaman dan Grup.

Baca Juga:  Cara Membuat Halaman di Facebook untuk Live Streaming Lewat HP

Yah baguslah kalau Facebook sekarang punya fitur untuk kustomisasi postingan di feed. Jadi pengguna bisa membatasi jenis postingan yang nggak mereka minati. Kalau menurut Urban People gimana, fitur terbaru Facebook kali ini penting nggak?