Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Seri Dokumenter” Power On: The Story of Xbox” Tunjukkan Riwayat Konsol Buatan Microsoft

Anom Penulis

Seiring perayaan 20 tahun konsol game buatannya di tahun 2021, Microsoft merilis museum virtual Xbox dan mini seri dokumenter berjudul “Power On: The Story of Xbox.” Keduanya memang mengajak kita melihat riwayat Xbox sejak awal. Tapi di film dokumenter ini kita bisa melihat bagaimana kisahnya dari mereka yang terlibat dalam pembuatan konsol ini.

Mini seri dokumenter “Power On: The Story of Xbox” hadir dalam 6 episode. Masing-masing episode memiliki durasi sekitar 40 menit. Tiap episode juga menunjukkan kisah yang khas. Misalnya episode ke-5 yang menunjukkan masalah Xbox 360 dan berjudul “The Red Ring of Death.”

Film seri dokumenter ini tentu sangat menarik ditonton jika kamu memang fans Xbox atau hobi main game. Tapi di sisi lain, kamu juga bisa melihat bagaimana kultur perusahaan di dalam Microsoft, termasuk proses melobi para petinggi dan bersaing dengan tim lain supaya sebuah proyek bisa menjadi nyata.

Salah satu peristiwa spesifik yang menarik adalah bagaimana tim awal Xbox (yang berasal dari tim DirectX) berusaha menunjukkan proyek ini ke Bill Gates dan menembus Steve Ballmer yang pesimis. Mereka juga harus bersaing dengan tim Windows CE dalam merealisasikan proyek ini.

Di film dokumenter ini, kamu juga akan melihat bagaimana Microsoft memperkenalkan konsol itu ke dunia. Termasuk presentasi yang gagal di E3. Robbie Bach, yang menjadi pimpinan tim Xbox saat itu sampai mengajukan surat pengunduran diri (tapi ditolak oleh Steve Ballmer).

Lalu, kamu juga akan melihat bagaimana game yang nantinya menjadi ikon Xbox, “Halo”, meluncur pertama kali. “Halo” juga gagal memberi kesan baik di E3 karena performa yang buruk. Namun game ini kemudian meraih kesuksesan luar biasa ketika dirilis resmi.

Ketika dibuat, Xbox menghadapi beberapa konsol dari perusahaan game yang lebih mapan saat itu, yaitu PlayStation, Nintendo, dan Sega. Kisah yang cukup mirip kembali terulang ketika Microsoft merilis Windows Phone untuk menyaingi iPhone dan Android (dengan akhir yang berbeda). Kamu yang dulu pernah memakai Windows Phone akan bisa memahami politik yang ada ketika menonton film ini.

Mini seri dokumenter “Power On:The Story of Xbox” ini bisa kamu tonton secara gratis di beberapa layanan streaming, juga di aplikasi Microsoft Movies & TV dan di YouTube. Nah, selamat menyaksikan.

    %d blogger menyukai ini: