Instagram Kenalkan Fitur Baru untuk Filter Pemintaan DM

Dalam postingan blog terbarunya, Instagram resmi kenalkan fitur anyar untuk filter pemintaan DM yang menyinggung atau berisi ujaran kebencian.

Sudah bukan rahasia lagi, kalau pengguna media sosial apa pun pasti bisa mendapat ujaran kebencian atau komentar menyinggung dari orang lain.

Meski pun beberapa media sosial sudah membekali penggunanya dengan fitur filter komentar, tapi orang-orang masih bisa melayangkan ujaran kebencian lewat pesan.

Untuk mengatasi DM yang menyinggung atau berisi ujaran kebencian, Instagram mengenalkan fitur baru untuk filter permintaan DM.

Tentang Fitur Filter Permintaan DM Instagram

Seperti yang dijelaskan Instagram, sebagian besar pesan kebencian atau yang tidak diinginkan berasal dari permintaan DM. Ini adalah pesan langsung dari pengguna yang belum pernah mengirimi kamu chat sebelumnya, atau pesan dari orang yang tidak kamu follow.

Lewat fitur anyar ini, Instagram akan mulai mem-filter daftar kata kunci dan emoji tertentu. Proses filter ini merupakan hasil kerja sama Instagram dengan organisasi anti-diskriminasi dan anti-intimidasi terkemuka.

Sumber Gambar : About Instagram

Nantinya, permintaan DM akan di-filter jika berisi salah satu frasa atau emoji yang mengganggu. Opsi fitur ini bisa kamu temukan di bagian baru Pengaturan Privasi atau Privacy Settings yang disebut “Kata Tersembunyi” atau “Hidden Words.”

Setiap permintaan DM yang di-filter, akan muncul di folder permintaan tersembunyi. Folder ini bakal ditempatkan secara terpisah dan isi pesan akan ditutup. Dengan begitu kamu tidak akan bisa membacanya, kecuali sampai kamu mengetuk pesan. Dari sana, kamu bisa menerima permintaan, menghapusnya atau melaporkannya ke Instagram.

Masih kurang? Tenang. Instagram masih akan mempersulit pengguna ‘pengganggu’ yang mencoba menghubungimu lagi. Kalau kamu memblokir pengguna tersebut, kamu juga punya opsi untuk memblokir akun apa pun yang dibuat pengguna itu dalam upaya menghubungimu lagi.

Sumber Gambar : About Instagram

Tidak dijelaskan secara tepat, bagaimana Instagram akan tahu kalau ada pengguna yang sama membuat akun baru. Tapi yang jelas, fitur ini bakal sangat berguna buat pengguna yang sering mendapat gangguan dari akun-akun tidak bertanggung jawab.

Filter permintaan DM ini baru diluncurkan ke negara tertentu dalam beberapa minggu mendatang. Fitur ini akan meluas ke lebih banyak negara dalam beberapa bulan mendatang. Sementara itu, fitur pemblokiran akun baru akan tersedia secara global beberapa minggu lagi.

%d blogger menyukai ini: