Gambar: Mozilla

Firefox Bukan Lagi Sekedar Browser, Tapi Ekosistem Layanan Internet

bisa jadi alternatif menarik

Nama Firefox memang melekat pada sebuah browser dan salah satu yang populer. Namun kini nama itu sudah tidak lagi sekedar browser semata. Firefox sudah berkembang menjadi sebuah ekosistem layanan internet.

Memang, kegiatan menelusuri internet akhirnya juga bukan hanya sekedar membuka situs web saja. Ketika kita melakukannya, kemungkinan besar kita juga melakukan hal lain. Masuk dengan akun tertentu, mengirim data, dll.

Tidak heran kalau sebuah browser menjadi bagian sebuah ekosistem besar. Lihat saja Chrome dengan berbagai layanan Google (termasuk ponsel Android) dan Edge dari Microsoft dengan Windows.

Ya, memang Firefox tidak seperti Chrome atau Edge yang punya tulang punggung sistem operasi. Namun, mereka pun berusaha membangun ekosistem internet independen yang terdiri dari berbagai produk.

Firefox Menjadi Payung Berbagai Produk

Logo berbagai produk Firefox (foto: Mozilla)

Mozilla sudah mengumumkan bahwa nama Firefox akan mewakili berbagai produknya secara keseluruhan. Bahkan mereka pun membuat desain baru untuk semuanya.

Di bawah bendera Firefox, terdapat berbagai layanan dan aplikasi, seperti Send, Monitor, Lockwise, dan termasuk browser (Lihat aplikasi Firefox selengkapnya). Berbagai layanan dan aplikasi itu hadir mendukung fungsi browser sebagai sarana penelusuran internet.

Bahkan untuk browser, juga ada Firefox Reality. Sebuah browser khusus untuk platform virtual reality (VR). Browser ini mendukung perangkat Oculus, Vive, dan Daydream.

Firefox VPN

Uji layanan VPN (gambar: XDA Developers)

Sebagai perusahaan yang menyediakan berbagai layanan gratis, Mozilla tentunya harus memiliki pendapatan. Sebelum ini, hal itu dicapai dengan mendapat penghasilan dari layanan search engine agar bisa menjadi fitur bawaan di browser, dan juga dari layanan berlangganan dari konsumennya.

Dari wawancara t3n dengan Chris Beard, CEO Mozilla, ada kabar bahwa mereka sedang mengembangkan sebuah layanan VPN berlangganan. Sebelum ini, Mozilla pernah melakukan uji coba VPN lewat kerja sama dengan layanan VPN terkenal ProtonVPN. Sayangnya, belum jelas bagaimana detil layanan VPN dari Firefox tersebut.

Menuju Konpetisi dan Internet Lebih Sehat

Saat menggunakan teknologi di kehidupan sehari-hari, kita (sebagai konsumen dan pengguna) sering bersandar pada ekosistem perusahaan tertentu. Entah pada layanan perusahaan besar seperti Google, Microsoft, Apple, Facebook, dll. Bisa juga memilih layanan yang lebih independen, seperti memakai aplikasi Telegram, Slack, Dropbox, ProtonMail, dll.

Tentu saja, tidak salah bersandar pada salah satu ekosistem tersebut. Yang penting, kehadiran ekosistem alternatif akan mendorong kompetisi yang akan melahirkan berbagai teknologi baru. Selain itu, kompetisi juga menghindarkan sistem monopoli. Sehingga kondisi dunia teknologi lebih aman dan lebih sehat (lihat apa yang terjadi dengan Huawei).

Dengan banyaknya pilihan, kita juga didorong untuk menjadi konsumen yang lebih cerdas. Tidak semata jadi fanboy sebuah merk tertentu. Tapi tahu apa yang kita butuhkan dan layanan apa yang bisa memenuhinya.

More Stories
huawei p30 leaked
Bocoran Huawei P30 Menunjukkan Varian Warna Lengkap