Firefox Send: Layanan Transfer File Online Dari Mozilla

firefox send illustration
Gambar: Mozilla

Saat mendengar nama Firefox, pasti yang terbayang adalah browser. Nah, Mozilla membuat sebuah layanan baru bernama Firefox Send. Layanan ini adalah layanan transfer file online terenkripsi.

Tentu saja mungkin kamu berpikir bahwa untuk melakukan transfer file sudah banyak cara. Bisa lewat WhatsApp, bisa lewat email, bisa lewat penyimpanan cloud, dll. Tidak salah juga.

Firefox menawarkan sesuatu yang cukup menarik. Beberapa fiturnya cukup berbeda dengan layanan lain. Lalu ada juga yang mengikuti tren kekinian.

Fitur Firefox Send
  1. Kamu bisa mengirim file secara online sampai berukuran 1GB. Bahkan tanpa harus mendaftar (sign up). Kalau kamu mendaftar sebagai pengguna, maka batas pengiriman naik menjadi 2,5GB.
  2. File yang kamu unggah akan melalui proses enkripsi. Jadi apa pun yang kamu unggah akan aman. Tidak mudah dilihat oleh orang lain.
  3. Kamu bisa menetapkan batas waktu ketersediaan file. Jadi pada saat tertentu (jumlah download atau waktu), berkas itu akan secara otomatis terhapus. 
  4. Kamu bisa melindungi unduhan itu dengan password. Hal ini menambah tinggi tingkat privasi pengiriman file.
  5. Kamu tinggal mengirim link berkas bersangkutan ke teman atau rekan (jangan lupa beritahu password kalau kamu memakainya).

tampilan awal firefox send

pilihan transfer firefox send

Fiturnya cukup menarik bukan? Paling tidak, kalau kamu hanya butuh mengirim file secara terbatas dalam waktu tidak panjang, Firefox Send bisa sangat membantu. Simpel, cepat, dan aman.

Oh, ada hal menarik lainnya. Walau menggunakan nama Firefox, layanan ini merupakan aplikasi web bebas. Dalam arti, selain gratis, kamu bisa menggunakannya di browser apapun. Tidak terbatas oleh browser Mozilla Firefox saja.

Nah, kalau kamu tertarik mencoba layanan transfer file online Firefox Send ini, silakan kunjungi send.firefox.com.

(Juru tulis dan desain)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.