Fitbit Sense – Smartwatch Pertama di Dunia dengan Sensor EDA

Fitbit resmi meluncurkan smartwatch terbarunya, Fitbit Sense. Ini adalah smartwatch pertama di dunia yang dibekali sensor EDA.

Bicara soal smartwatch, rasanya tidak afdol kalau tidak memasukkan nama Fitbit ke dalamnya. Perusahaan yang satu ini terkenal dengan smartwatch canggihnya.

Kali ini Fitbit kembali dengan meluncurkan smartwatch Fitbit Sense. Sense diklaim sebagai smartwatch tercanggih Fitbit saat ini. Lalu apa saja fitur canggih yang disajikan smartwatch terbaru Fitbit ini?

Fitur-Fitur Canggih Smartwatch Fitbit Sense

Fitbit Sense – Sumber Gambar : Fitbit

Desain Cerdas dan Canggih

Sense menggabungkan desain canggih, anggun namun tetap nyaman dipakai. Smartwatch ini dibuat dengan perpaduan aluminium, baja anti karat, kaca dan logam.

Sense bisa anti air sampai 50M. Selain itu, jam ini menggunakan layar AMOLED lebih besar. Di dalamnya ada sensor cahaya agar Always On.

Pindah ke jeroannya, Sense memakai prosesor canggih dan lebih cepat. Antar muka jam tangan juga telah ditingkatkan, lengkap dengan widget, tampilan notifikasi dan aplikasi yang didesain ulang.

Fitbit Sense – Sumber Gambar : Fitbit

Sensor EDA dan Stress Management

Stres kerap dialami setiap orang, tidak memandang usia atau gender. Stres bisa disebabkan oleh berbagai hal baik dari faktor psikologis atau fisiologis.

Sense hadir dengan sensor EDA. Sensor ini bakal mengukur aktivitas electrodermal. Ditambah dengan aplikasi EDA Scan, pengguna cukup meletakkan tangan di atas wajah smartwatch.

Lalu sensor akan mendeteksi perubahan listik kecil dari keringat di kulit pengguna. Sensor juga akan membantu pengguna memahami respon tubuh terhadap pemicu stres, dan membantu menghilangkannya.

Sementara fitur Stress Management bakal menghitung respon stres pengguna. Penghitungan dilakukan berdasarkan data detak jantung, waktu tidur dan aktivitas pengguna.

Skor yang diberikan berkisar dari 1 – 100. Semakin tinggi skor yang ditampilkan, maka sedikit pula tanda-tanda stres pada fisik pengguna.

Fitbit Sense – Sumber Gambar : Fitbit

Pelacak Detak Jantung

Sama seperti smartwatch lain, Sense juga dibekali pelacak detak jantung. Tapi bedanya, smartwatch ini punya tambahan aplikasi ECG. Aplikasi bakal menilai irama detak jantung, untuk mengetahui tanda-tanda fibralasi atrium.

Untuk memakai fitur ini, cukup letakkan jari pada sudut lingkaran baja di samping jam. Diamkan selama 30 detik. Setelah itu pengguna akan mendapat laporan detak jantung yang bisa diunduh dan dibagikan ke dokter.

Sense juga masih punya teknologi PurePulse 2.0. Teknologi ini mampu memberi tahu pengguna ritme jantung, apakah tinggi atau rendah.

Fitbit Sense – Sumber Gambar : Fitbit

Fitur Kesehatan Tubuh yang Lebih Canggih

Sense dibekali sensor baru untuk mengukur suhu kulit. Sensor ini secara teratur akan mendeteksi perubahan suhu kulit yang berpotensi demam, sakit, fase menstruasi, dll.

Fitur pengukur suhu kulit ini juga cocok di masa pandemi. Kalian tahu kan, salah satu indikasi awal orang terkena COVID-19 adalah suhu tinggi. Nah, smartwatch ini juga bisa membantu mengukur suhu tubuh lewat kulit.

Tampilan Health Metrics juga telah diperbarui. Kini fitur ini bisa melacak laju pernapasan, detak jantung, variasi suhu kulit, dll.

Sense juga menawarkan sensor pengukur kadar oksigen darah (SpO2). Sensor ini bakal memantau SpO2 setiap malam. Kalian bisa memantau hasilnya lewat dashboard Health Metrics.

Fitur Lainnya

Sense dibekali fitur lain yang tidak kalah canggih. Sebuh saja GPS on-board, 10+ mode latihan di perangkat, pelacak aktivitas SmartTrack, Level dan Skor Kebugaran Kardio, dan pelacak tidur.

Smartwatch ini telah dibekali speaker dan mikrofon internal. Bisa dipakai untuk menerima panggilan, membalas teks dengan suara, atau menggunakan asisten virtual Amazon Alexa dan Google Assistant.

Fitbit Versa 3 dan Fitbit Inspire 2

Perusahaan tidak hanya meluncurkan Sense. Selain Fitbit Sense, masih ada dua smartwatch lain yang tidak kalah keren, yakni Fitbit Versa 3 dan Fitbit Inspire 2.

Fitbit Versa 3 – Sumber Gambar : Fitbit

Fitbit Versa 3 menggabungkan fitur kesehatan dengan kecanggihan teknologi. Smartwatch ini telah dibekali GPS di perangkat, statistik latihan fisik dalam aplikasi, teknologi PurePulse 2.0, dan Active Zone Minutes.

Smartwatch ini juga punya speaker dan mikrofon internal. Membuatnya bisa dipakai untuk menerima panggilan telepon, mengirim pesan suara dan mengatur volume panggilan. Oya, Versa 3 juga telah terintegrasi dengan Google Assistant dan Amazon Alexa.

Versa 3 dibekali baterai dengan masa pakai lebih dari 6 hari. Smartwatch ini juga dibekali pengisian cepat 12 menit, untuk penggunaan satu hari penuh.

Fitbit Inspire 2 – Sumber Gambar : Fitbit

Fitbit Inspire 2 mendapat tambahan beberapa fitur canggih. Seperti fitur Active Zone Minutes, desain yang lebih bagus, ramping, layar lebih cerah, serta masa pakai baterai terlama dari Fitbit mana pun.

Kalau Versa 3 bisa digunakan selama 6 hari, maka Fitbit Inspire 2 bisa dipakai selama 10 hari. Jauh lebih lama bukan? Selain itu, Inspire 2 telah dibekali fitur kebugaran menarik.

Smartwatch ini menyediakan 20+ mode olahraga. Tidak hanya itu, Fitbit Inspire 2 juga punya pelacak tidur, pelacak detak jantung 24/7, pelacak siklus menstruasi, pelacak gizi, dan pelacak berat badan.

Harga dan Ketersediaan

Sense, Versa 3 dan Inspire 2 sudah bisa dipesan secara pre-order di Fitbit.com dan pengecer online tertentu. Ketiga jam ini baru tersedia secara offline secara global akhir September.

Fitbit Sense hadir dalam varian Carbon / Graphite Stainless Steel dan Lunar White / Soft Gold Stainless Steel. Smartwatch ini dibanderol dengan harga $329,95.

Fitbit Versa 3 tersedia dalam varian Black / Black Aluminium, Pink Clay / Soft Gold Aluminium, dan Midnight / Soft Gold Aluminium. Fitbit Versa 3 dibanderol $229,95.

Dijual terpisah, aksesoris Fitbit Sense dan Versa 3 tersedia dalam berbagai model. Termasuk tali jam tenun dari bahan daur ulang REPREVE. Tali jam dibanderol mulai dari $24,95.

Fitbit Inspire 2 tersedia dalam warna Black, Lunar White dan Desert Rose. Smartwatch ini dijual dengan harga $99,95. Dijual terpisah, tali jam tangan Fitbit Inspire 2 dibanderol mulai dari harga $19,95.

%d blogger menyukai ini: