aplikasi chatting signal

10 Fitur Menarik Aplikasi Chatting Signal

Bicara soal aplikasi chatting atau aplikasi pesan, saat ini sebenarnya tidak banyak yang bisa dibahas. Walau begitu ada satu aplikasi yang tidak kalah menarik. Aplikasi ini bernama Signal.

Ya, ketika memiliki tempat ngobrol bersama teman, nama aplikasi yang akan muncul hanya sedikit saja. WhatsApp muncul sebagai nama pertama. Kemudian Telegram, LINE, BBM, dan Messenger mengekor di belakangnya. Bagaimana pun aplikasi chatting hanya berfungsi ketika banyak yang memakainya.

Benar saja, ketika saya memasang aplikasi Signal, memang tidak ada teman satu pun yang menggunakannya. Tapi saya pikir tidak ada salahnya mengetahui aplikasi ini sedikit lebih lanjut. Paling tidak, kita bisa tahu apakah aplikasi ini layak menjadi alternatif atau tidak.

1. Mendukung Percakapan Personal dan Grup

Tentu saja, ini adalah fungsi aplikasi chatting modern. Sayangnya Signal tidak menyebutkan secara pasti batasan jumlah anggota percakapan grup.

2. End to end encryption

Signal merupakan produk dari Open Whisper Systems. Protokol yang ada di Signal kemudian juga dipakai di WhatsApp, Messenger, Skype, dan Google Allo. Metode enkripsi ini sudah melalui proses audit (sering diperdebatkan dengan MTproto yang dipakai Telegram yang sering disebut belum teruji).

3. Disappearing Message

Signal memiliki fitur yang membuat pesan secara otomatis terhapus. Pilihan durasi mulai dari 5 detik sampai 1 minggu. Kalau kamu memilih mengirim pesan seperti ini, akan muncul ikon jam pasir di tiap pesan.

4. Mengunci Aplikasi

Kamu bisa mengunci aplikasi Signal. Sehingga pesan tidak bisa dilihat oleh mereka yang iseng membuka aplikasi ini di handphone-mu. Kamu bisa membukanya seperti screen lock Android (misalnya dengan sidik jari).

5. Mendukung Voice dan Video Call

Bisa melakukan panggilan suara dan video juga sudah jadi standar komunikasi. Signal bisa melakukan kedua hal ini. Bahkan kamu bisa melakukannya melalui proses enkripsi.

6. Mendukung Berbagai File

Sama seperti aplikasi chatting lain, kamu bisa mengirim berkas gambar/foto, video, audio, atau dokumen. Kamu juga bisa memilih koneksi untuk mengunduh berkas itu (Wi-Fi vs data seluler).

7. Mendukung Emoji dan GIF

Emoji dan GIF sudah menjadi salah satu cara ekspresi dalam percakapan. Signal juga sudah mendukungnya. Tapi memang belum ada stiker di sini. Ada, tapi stiker yang ditambahkan ke foto, bukan jenis seperti stiker WhatsApp, stiker Telegram, atau LINE.

8. Mendukung Berbagai Platform

Sama seperti aplikasi chatting lain, kamu juga bisa menggunakan Signal di Android, iOS, atau di komputer melalui browser (aplikasi web). Ada ekstensi Signal di browser Google Chrome untuk mempermudah akses di komputer.

9. Bisa jadi aplikasi SMS/MMS

Di Android, kamu juga bisa memakai aplikasi Signal sebagai aplikasi Pesan utama untuk SMS dan MMS. SMS dan MMS tidak melalui proses enkripsi. 

10. Mendukung Tema Aplikasi

Di aplikasi Signal, kamu bisa memilih tema terang dan gelap. Kalau terang, aplikasi akan bernuansa biru dan putih, sementara kalau gelap akan berwarna hitam.

Secara umum, aplikasi Signal memang berfungsi seperti aplikasi chatting lain. Ada kelebihan dan kekurangan di antara berbagai aplikasi tersebut. Namun dari sisi keamanan dan privasi, Signal berada di depan. Toh yang lain menggunakan protokol yang ada di dalamnya.

Kalau kamu berminat mencobanya, silakan lihat melalui link di bawah ini.

Download (Android)

Download (iPhone)

Download (desktop)

Download (Chrome)

More Stories
5 Aplikasi Screen Recorder Terbaik Android
%d blogger menyukai ini: