Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Wih, Fitur Audio Spasial Clubhouse Bikin Obrolan Jadi Lebih Nyata!

Indri Penulis

Clubhouse resmi meluncurkan fitur audio spasial. Dengan fitur ini, obrolan antar pengguna Clubhouse bakal terasal lebih nyata.

Sejak popularitasnya menanjak selama era pandemi, Clubhouse mau nggak mau harus memutar otak mereka untuk menyajikan berbagai inovasi baru.

popculture.id

Sebab kini makin banyak platform media sosial yang coba meniru mereka, yakni dengan menghadirkan fitur ruang obrolan berbasis audio.

Contoh rival terberat Clubhouse saat ini adalah Space dari Twitter. Sejak resmi diluncurkan, fitur ini telah berhasil menarik minat banyak pengguna Twitter. Khususnya saat Clubhouse versi Android belum rilis (kelamaan sih).

Nggak mau penggunanya kabur ke platform lain, Clubhouse baru-baru ini hadirkan kejutan khusus buat penggunanya. Fitur audio spasial siap manjakan pengguna Clubhouse dengan pengalaman obrolan yang lebih berkesan.

Clubhouse mengklaim kalau, β€œAudio spasial mampu mereplikasi bagaimana kita mendengar dan memproses suara di ruangan yang sama, menempatkan speaker individu ke headset pendengar, atau headphone Bluetooth (termasuk AirPods), hingga sistem stereo mobil.”

Seperti yang kamu dengar dalam klip unggahan Clubhouse di atas (sebaiknya dengarkan dengan headphone), audio spasial bisa membuat suara obrolan terdengar lebih nyata.

Bagaimana tidak, fitur ini dapat membuat setiap suara benar-benar terdengar berbeda. Misalnya suara si A akan datang dari sebelah kirimu, sedangkan suara si B bakal datang dari sebelah kananmu. Ini terus terjadi selama obrolan berlangsung.

Apakah fitur ini bisa dinikmati semua orang? Ternyata nggak lho. Justru si pembicara nggak bakal mendapatkan pengalaman audio spasial. Sebab audio spasial cuma akan aktif untuk anggota pendengar saja.

Wah, kelihatannya seru nih. Misal sebagai pendengar, kamu sedang mendengarkan cerita horor yang disampaikan oleh pembicara. Saat mereka memelankan suara dan berbisik, bisikan itu bisa terasa nyata di telingamu. Jadi kesan horornya benar-benar dapat.

    %d blogger menyukai ini: