Cara Pakai Fitur Twitter Space yang Mirip Clubhouse

Indri Penulis

Twitter Space akhirnya resmi tersedia. Kamu masih bingung gimana cara pakai Twitter Space yang benar? Temukan tutorial lengkapnya di sini.

Sejak Clubhouse populer, berbagai platform media sosial langsung tancap gas bikin fitur mirip Clubhouse. Salah satu media yang fiturnya paling booming karena mirip Clubhouse adalah Twitter “Space.” Sama seperti Clubhouse, Space bakal menyediakan ruang obrolan berbasis audio kepada pengguna.

Twitter memang boleh dibilang ‘gercep’ dalam melancarkan aksinya. Nggak perlu waktu lama setelah mengumumkan fitur Space, Twitter kini telah resmi meluncurkan fitur tersebut.

Nah sebagai fitur yang masih seumur jagung, nggak heran kalau kebanyakan orang masih belum tahu gimana cara pakai fitur Twitter Space.

Kalau kamu kebetulan belum tahu cara memakai Space, langsung ikuti saja langkah-langkah berikut ini:

  • Tekan lama pada ikon penulisan Tweet di timeline Home Twitter-mu.
  • Selanjutnya, klik ikon Space (beberapa lingkaran yang membentuk berlian) di sebelah kiri.
  • Saat membuat Space baru, kamu akan melihat opsi “Name your Space” dan “Start your Space.”
  • Untuk menjadwalkan Space, ketuk menu “Schedule for later.”
  • Kemudian pilihlah tanggal dan waktu kamu ingin Space ditayangkan.

Sebelum mulai, kamu perlu mengizinkan Twitter untuk mengakses mikrofon di perangkatmu.

Nanti setelah Space mulai, kamu (Host /Tuan Rumah) bisa mengirim permintaan ke Listener / Pendengar untuk menjadi Speaker / Pembicara (maksimal 10 Speaker). Caranya kamu tinggal tap gambar profil seseorang di dalam Space, lalu tambahkan dia sebagai Speaker.

Sebagai Host atau penyelenggara ruang obrolan, kamu dibekali kemampuan untuk mengaktifkan teks supaya bisa dilihat oleh semua Speaker dan Listener. Saat Space dimulai, kamu juga bisa menambahkan konteks dengan memberinya nama yang sesuai topik obrolan. Semua orang akan bisa melihat nama Space-mu.

Space akan tetap aktif sampai kamu mengakhirinya (juga bisa ‘dihentikan paksa’ kalau Twitter menemukan pelanggaran). Kamu bebas menambahkan atau mendepak seseorang dari Space (misalnya kalau dia mengganggu).

Untuk membantumu dalam memoderasi Space, Twitter sekarang juga bisa menunjuk 2 orang untuk menjadi Co-Host. Dia fungsinya hampir sama seperti Host. Cuma bedanya, Co-Host nggak bisa menambah/menghapus Co-Host lainnya serta mengakhiri obrolan.

    %d blogger menyukai ini: