Fitur ‘Auto Caption’ Hadir Untuk Akun Zoom Meeting Gratis

live transcription zoom

Setelah pada bulan Februari 2021 berjanji akan memberikan fitur transkripsi langsung akun gratisan, Zoom pun menepatinya. Fitur Auto Caption itu kini tersedia untuk pemilik akun Zoom Meeting gratis.

Fitur Auto Caption ini disebut dengan Live Transcription. Selain tersedia untuk pemilik akun Zoom Meeting gratis, fitur ini juga hadir untuk pengguna Zoom Meeting yang berbayar dan Zoom Video Webinar.

Seperti namanya, jika kamu mengaktifkan fitur ini, akan muncul teks untuk ucapan yang diutarakan oleh pembicara di dalam pertemuan video. Teks tersebut hadir dengan memanfaatkan teknologi AI yang mengenali kata dalam ucapan.

Saat ini fitur Auto Caption di Zoom Meeting baru tersedia dalam Bahasa Inggris. Zoom berencana akan menambah dukungan untuk bahasa lain di masa depan.

Walau baru mendukung Bahasa Inggris, fitur ini bisa cukup membantu. Paling tidak kita bisa terbantu dengan membaca teks jika kurang menangkap kalimat yang diucapkan pembicara.

Untuk bisa mengaktifkan Live Transcription, kamu harus masuk ke Zoom Web Portal dan menuju ke bagian ‘In Meeting (Advanced)’ pada tab ‘Meeting’ di dalam ‘Setting’.

Untuk kepentingan grup dan multi-akun, kamu harus menjadi Admin untuk mengaktifkannya. Setelah itu tiap pengguna yang menjadi anggota bisa memakainya.

Yang menarik, Zoom juga memberikan pilihan untuk integrasi dengan aplikasi teks lain (pihak ketiga). Bahkan, Zoom juga mendukung pengetikan teks secara manual. Input teks secara manual ini akan melibatkan satu orang untuk mengetiknya.

Jadi, kalau kamu cukup sering melakukan rapat atau pertemuan online yang menggunakan Bahasa Inggris, fitur ini mungkin akan lebih mempermudah.

Tentu, akan lebih baik lagi kalau fitur ini bukan hanya sebagai teks untuk ucapan saja, tapi juga sebagai terjemahan. Tapi nampaknya kita harus menunggu cukup lama kalau berharap ada dukungan untuk Bahasa Indonesia.

%d blogger menyukai ini: