Zoom Tambah Integrasi Aplikasi, Acara Online Komersial, dan Fitur Baru

Zoom, tak pelak lagi, adalah aplikasi panggilan dan konferensi video paling populer saat ini. Kini Zoom mengukuhkan posisi itu dengan menambah fitur menarik, yaitu integrasi aplikasi yang disebut Zapps dan platform acara online komersial yang disebut OnZoom.

Pandemi Covid-19 membuka wawasan baru akan pentingnya pertemuan secara online. Berbagai aktivitas yang lazim dilakukan secara “kopdar”, kini harus bisa dilakukan online. Baik Zapps maupun OnZoom mendorong kedua hal itu menjadi lebih mudah.

Integrasi Aplikasi Zapps

Biasanya, aplikasi video call Zoom yang hadir di aplikasi lain. Jadi orang bisa melakukan video call dengan cepat. Zoom membalik proses itu. Kini aplikasi lain bisa hadir langsung di dalam video conference Zoom.

tampilan zapps di zoom

Jadi, saat kamu melakukan video call, entah satu lawan satu atau secara grup, kamu bisa dengan mudah memakai aplikasi yang kamu butuhkan. Misalnya mengambil berkas dari penyimpanan cloud Dropbox, membuat polling dengan Slido, dll.

Kamu bisa mencari dan menambahkan aplikasi tersebut di dalam akun Zoom milikmu. Jika kamu membutuhkan, tinggal klik tombol Zapps dan pilih aplikasi yang kamu butuhkan.

Platform Acara Online Komersial OnZoom

OnZoom adalah sebuah platform untuk menyelenggarakan acara online. Yah, saat ini kamu memang sudah bisa melakukannya di Zoom. Tapi, OnZoom membuka kesempatan agar penyelenggara bisa memiliki pendapatan dari acara online tersebut.

Dengan OnZoom, kamu bisa “menjual tiket” untuk kegiatan yang kamu lakukan. Misalnya kursus musik, kelas senam, stand-up comedy, dll. Dengan begitu, para pengajar dan pekerja kreatif tetap bisa melakukan pekerjaannya dari rumah.

Saat ini platform OnZoom sedang dalam tahap uji coba. Namun nantinya kamu bisa membuat jadwal, mengundang dan menjual tiket, dan mempromosikannya di media sosial. Bahkan kamu juga bisa membuat acara untuk donasi.

Zoom menyebutkan kalau pembayaran tiket akan bisa dilakukan melalui PayPal atau kartu kredit. Mereka yang berminat mengikuti acara yang berlangsung juga bisa membelikan tiket OnZoom ke orang lain.

Fitur Baru Zoom

Selain Zapps dan OnZoom, ada juga penambahan beberapa fitur menarik lain di aplikasi Zoom Meeting, Zoom Phone, dan Zoom Video Webinar.

Latar Belakang Imersif

Penyelenggara konferensi online kini bisa mengatur latar belakang khusus yang menampilkan semua peserta seperti di dalam kelas. Sebelum ini, Microsoft juga mengembangkan fitur ini di Teams.

Animasi Reaksi

Zoom menambah reaksi yang tampil sebagai animasi di layar rapat. Jadi peserta bisa punya interaksi yang lebih menyenangkan tapi tetap fungsional.

Ruang Tunggu

Penyelenggara akan bisa melihat siapa peserta tamu yang akan ikut serta di dalam rapat. Dengan begitu bisa menyaring siapa yang bisa bergabung dan siapa yang tidak. Pertemuan online pun bisa berjalan lebih nyaman.

%d blogger menyukai ini: