Microsoft Team Hadirkan Auditorium Virtual di Dalam Video Call

auditorium virtual microsoft teams

Dalam situasi “new normal” akibat pandemi covid-19, video call dan video conference menjadi standar baru komunikasi. Berbagai layanan berlomba menyajikan fitur terbaiknya. Aplikasi Microsoft Team memiliki fitur baru yang bisa menghadirkan auditorium virtual saat melakukan video call.

Berbagai aplikasi konferensi video online memang sudah memiliki fitur yang membuat kita bisa mengganti gambar latar belakang (misalnya supaya tidak malu kalau kondisi rumah berantakan). Tapi peserta video call itu tetap berada di bidang yang terpisah.

Together mode

Fitur Together mode di Microsoft Team akan membuat peserta video call “duduk dalam satu ruangan”. Dengan menggunakan teknologi AI, Together mode akan menempatkan semua peserta video call atau video conference dalam satu latar belakang yang sama.

Latar belakang di Microsoft Team ini bisa berupa kafe, ruang rapat, atau bahkan auditorium (untuk konferensi) yang hadir secara virtual. Microsoft menyebutkan kalau fitur ini sudah mulai bergulir ke aplikasi Team dan akan tersedia secara umum pada bulan Agustus.

Yang menarik, berbeda dengan tampilan kotak-kotak jendela video, di Together mode peserta video call bisa duduk berjejer, bahkan bisa “bersentuhan”. Jadi video call bisa terasa lebih “natural”.

Fitur Lain yang Menarik

Selain Together mode, Microsoft juga menghadirkan fitur Dynamic View di Microsoft Team. Fitur ini mampu menangani tampilan jendela konferensi video yang berjumlah banyak (sampai 49 orang di satu monitor) dan secara cerdas memfokuskan pada presentasi atau orang yang berbicara.

dynamic view microsoft team

Bersama Dynamic View ini Microsoft juga menghadirkan fitur yang disebut ‘virtual breaking rooms’. Fitur ini membuat penyelenggara rapat bisa membagi pertemuan online dalam grup-grup yang lebih kecil.

Lalu Microsoft juga menghadirkan filter untuk tampilan video call. Dengan begitu kamu bisa mengatur pencahayaan dan membuat kabur latar belakang supaya penampilan saat rapat lebih oke.

Di samping itu, Microsoft Team akan memiliki berbagai fitur interaktif, seperti live reaction (seperti di PowerPoint Live), terjemahan dan transkrip teks, dan papan tulis (Whiteboard) yang lebih baik.

Sebentar lagi video call mungkin akan bisa sejajar dengan cara komunikasi lain. Seiring teknologi berkembang, berbagai fitur interaktif dan kolaborasi akan mewarnainya. Hm, sudah seperti di film-film Hollywood rasanya.

%d blogger menyukai ini: