Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Fitur Baru Messenger Pesan Terenkripsi, Reaksi Emoji, Tema Baru, dll, Resmi Hadir

fitur baru messenger pesan terenkripsi
Gambar Oleh: Facebook
Indri Penulis

Fitur baru Messenger pesan terenkripsi resmi hadir. Fitur ini datang bareng reaksi emoji, tema baru, dan berbagai fitur anyar lainnya.

Messenger adalah salah satu platform chat online terpopuler besutan Meta. Layaknya platform lain sekelasnya, Messenger juga menyajikan banyak fitur menarik.

Salah satunya adalah fitur keamanan berupa enkripsi end-to-end. Fitur tersebut berfungsi untuk melindungi percakapan supaya nggak bisa ‘diintip’ oleh pihak mana pun, termasuk pihak Meta.

Baru-baru ini, Meta resmi memboyong fitur baru Messenger pesan terenkripsi. Dalam update terbarunya, Messenger menyajikan fitur kustomisasi ke obrolan yang terenkripsi end-to-end. Seperti apa fitur barunya? Yuk, kita cek,

Fitur Baru Messenger Pesan Terenkripsi Kustomisasi

Menurut pengumuman Meta, pengguna Messenger sekarang bisa memanfaatkan fitur kustomisasi pesan terenkripsi Messenger. Dengan fitur tersebut pengguna bisa menggabungkan tema, emoji khusus, reaksi, foto profil grup, dll, ke dalam pesan terenkripsi.

Pesan terenkripsi Messenger bakal menyembunyikan chat online dari pihak ketiga. Bahkan Meta pun nggak bakal tahu apa isi chat pengguna Messenger. Fitur keamanan tersebut juga bisa mencegah penegak hukum dan hacker untuk mengakses pesan.

fitur baru messenger pesan terenkripsi
Gambar Oleh: Facebook

Sebenarnya pesan terenkripsi bukanlah fitur baru dalam platform chat dan media sosial. Beberapa platform selain Messenger juga menawarkan fitur yang serupa.

WhatsApp contohnya, ia punya fitur yang sama bahkan langsung aktif secara default. Instagram juga punya, tapi fitur tersebut harus diaktifkan terlebih dulu untuk obrolan personal.

Cuma bedanya, fitur pesan terenkripsi yang ada di WhatsApp dan Instagram sudah bisa langsung menggabungkan tema, emoji khusus, dll.

Beda cerita dengan Messenger. Sebelum adanya fitur kustomisasi ini, semua opsi kustomisasi bakal hilang setelah pengguna beralih ke percakapan rahasia (pesan terenkripsi). Imbasnya, pengguna bakal mengobrol dengan latar belakang putih polos.

Berbeda setelah fitur kustomisasi pesan terenkripsi rilis. Pengguna bisa mengatur tema, termasuk warna statis dan gradien, supaya aktivitas ngobrol nggak membosankan. Bahkan pengguna juga bisa menggunakan fitur reaksi emoji lho.

Lebih lanjut, Meta juga menambahkan kemampuan untuk mengatur foto profil grup. Pengguna juga bisa melihat ikon status aktif serta preview tautan yang menampilkan lebih banyak informasi, tentang ke mana tautan tersebut membawa pengguna.

Khusus untuk pengguna Android, pengguna bisa pakai fitur ‘bubble’ di pesan terenkripsi. Fitur ini bakal memberi pengguna akses cepat ke live chat saat menggunakan aplikasi lain.

Tapi perlu digarisbawahi, semua fitur baru ini sebenarnya adalah upaya Meta untuk membuat pesan terenkripsi hadir secara default di Messenger.

Meta sudah menguji pesan terenkripsi secara default sejak Agustus 2022. Sekarang Meta memperluas pengujian tersebut ke lebih banyak pengguna. Tentunya dengan penambahan fitur kustomisasi pesan terenkripsi.

Namun belum diketahui berapa banyak orang yang ikut program uji coba kali ini. Kami juga belum tahu kapan fitur default ini bisa dinikmati semua orang. Tapi kalau janji Meta tepat sasaran, harusnya fitur tersebut rilis akhir tahun ini.