Telegram Boyong Fitur Baru Tema Obrolan, Rekam Siaran Langsung, Dll

Indri Penulis

Kabar bagus! Telegram kembali hadirkan fitur baru seperti tema obrolan, fitur untuk merekam live streaming, tanda dibaca pada grup, dll.

Menjadi salah satu aplikasi perpesanan online terpopuler di dunia, Telegram tentu nggak mau santai-santai saja dan membiarkan fitur di platform-nya cuma itu-itu saja.

Juli lalu, Telegram resmi menghadirkan fitur baru yang memungkinkan pengguna melakukan video grup dan ditonton 1000 orang.

Akhir Agustus lalu, Telegram kembali menghadirkan update baru. Dalam update terebut, Telegram menyajikan fitur Live Stream/Siaran Langsung, fitur untuk meneruskan pesan, dll.

September ini Telegram hadir lagi memboyong sederet fitur baru. Di pembaruan kali ini kamu bisa memasang tema berbeda untuk setiap obrolan pribadi, menggunakan emoji interaktif, merekam video/audio dari siaran langsung, dll.

Wah sepertinya fitur-fitur kali ini cukup menarik nih. Kalau begitu kami bakal membahasnya satu-satu buat kamu.

Tema Obrolan

Sebenarnya Telegram sudah memiliki beberapa fitur untuk mengkustom tampilannya. Mulai dari Folder sampai Latar Animasi, semua ada.

Nah kali ini Telegram bikin trobosan baru ‘di platform-nya,’ yakni dengan menghadirkan fitur tema obrolan pribadi. Mirip seperti yang ada di WhatsApp, kamu bisa mengatur tema yang berbeda dalam setiap obrolan.

Setidaknya adalah 8 tema baru yang disajikan Telegram. Setiap tema bakal menampilkan gelembung pesan dengan gradasi warna, latar animasi, dan pola yang berbeda-beda.

Oya, setiap tema juga hadir dengan mode terang dan gelap. Menariknya, mereka semua bakal mengikuti pengaturan mode gelap di aplikasi. Misalnya apa kamu ingin membuat tampilan gelap sepanjang hari, atau cuma sampai matahari tenggelam saja.

Untuk memasang tema di Android, kamu bisa ketuk “Bilah Atas Obrolan > ikon ( : ) > Ubah Warna.” Sedangkan untuk iOS, kamu bisa tekan “Bilah Atas Obrolan > ikon pengaturan (titik tiga horizontal) > Ubah Warna.”

Emoji Interaktif

Fitur emoji memang sudah ada di Telegram sejak dulu. Tapi emoji kali ini berbeda. Lewat fitur emoji interaktif, kamu bisa mengetuk salah satu emoji dan dia akan menampilkan efek penuh dalam satu layar.

Tapi perlu kamu tahu, lawan bicaramu akan melihat efek anyar ini kalau mereka menggunakan versi Telegram terbaru. Jadi kalau cuma kamu yang update aplikasi tapi dia belum, ya yang bisa melihat efeknya cuma kamu.

Tanda Dibaca di Grup

Meski pun tema obrolan dan emoji interaktif hanya berfungsi di obrolan pribadi, tapi bukan berarti Telegram nggak menghadirkan fitur anyar ke obrolan grup.

Sekarang semua obrolan grup yang telah dibaca bakal ditandai dengan tanda (✓✓), sesaat setelah salah satu anggota grup melihatnya.

Menariknya dalam obrolan, kamu bisa memilih pesan mana yang ingin dikirim, serta mengetahui anggota grup mana yang telah membaca pesan tersebut.

Tapi untuk menjaga privasi setiap orang, tanda sudah dibaca yang ada di ruang obrolan grup hanya akan bertahan selama 7 hari setelah pesan dikirim.

Fitur Rekam Live Stream dan Obrolan Video

Sejak dirilis akhir Agustus, Telegram bergerak cepat untuk meng-update fitur Live Stream. Admin sekarang bisa merekam Live Stream dan Obrolan Video, lalu membagikannya ke orang yang nggak sempat nonton versi langsungnya.

Untuk memakai fitur ini, Admin bisa membukanya lewat menu Tayangan Langsung atau Obrolan Video. Setelah itu klik saja pilihan untuk merekam “Video dan Audio” atau “Hanya Audio.” Kalau sudah muncul tanda titik merah di layar, artinya proses perekaman sedang berjalan.

Kalau ingin merekam video, pilih mode video akhir dalam bentuk potret atau lanskap. Setelah selesai merekam atau mengakhiri siaran, rekaman tadi bakal langsung dikirim lewat Pesan Tersimpan.

    %d blogger menyukai ini: