Fitur Terbaru Telegram Mungkinkan Video Grup Ditonton 1000 Orang!

Telegram kembali boyong beberapa fitur terbaru seperti video grup yang bisa ditonton 1000 orang, rekam pesan video dengan kualitas lebih bagus, dll.

Baru sekitar Juni lalu, Telegram bawa update buat platform-nya. Dalam update edisi bulan Juni lalu, Telegram beri fitur video call dan animasi background.

Lalu bagaimana di bulan Juli ini? Telegram kembali lagi. Kali ini, fitur-fitur anyar yang mereka sajikan relatif banyak dan lebih menarik. Apa saja sih?

Group Video Call 2.0

Di fitur Group Video Call 2.0 atau Panggilan Video Grup 2.0, video call group Telegram bisa ditonton sampai 1.000 orang. Tapi yang bisa menayangkan video dari kamera/layar dibatasi maksimal sampai 30 orang.

Untuk memulai Panggilan Video Grup, buat Obrolan Suara di halaman info (ketuk menu “ : ” pada Android) grup, di mana kamu jadi adminnya. Setelah itu, tinggal nyalakan saja kamera ponselmu.

Dalam pengumumannya, Telegram berjanji kalau mereka bakal meningkatkan jumlah batas penonton. Entah berapa jadinya, nggak ada yang tahu.

Video Messages 2.0

Video Messages atau Pesan Video adalah cara yang tepat untuk berbagi informasi dan kabar, tanpa perlu menambahkan video ke dalam galerimu.

Di versi 2.0, fitur ini bakal menyajikan resolusi yang lebih tinggi. Kamu juga bisa mengetuk pesan video untuk memperluas dan mengambil tambahan ekstra piksel untuk hasil lebih bagus.

Saat kamu mengetuk pesan video yang sudah diperluas, video tersebut bakal otomatis dijeda. Kamu bisa manfaatkan kesempatan tersebut untuk mempercepat atau memundurkan pesan video (jaga-jaga kalau ada pesan yang terlewat).

Untuk merekam pesan video, kamu bisa ketuk ikon mikrofon di bilah pesan, untuk beralih dari rekaman voice chat ke mode video. Tekan dan tahan untuk merekam, lalu ketuk ikon kamera untuk ganti mode (antara kamera depan atau belakang).

Video Playback Speed

Pemutar media di Telegram sekarang mendukung berbagai opsi kecepatan pemutaran. Mulai dari 0,5x, 1,5x hingga 2x saat diputar.

Kalau kamu dapat video berdurasi panjang dan males jika harus menontonnya selama berpuluh-puluh menit, kamu bisa percepat video tersebut pakai opsi 2x. Kalau dapat video berdurasi pendek dan ingin melihatnya dengan jelas, kamu bisa memperlambat kecepatan di opsi 0,5x.

Berbagi Layar dengan Suara

Fitur berbagi layar sebelumnya sudah ada, dan bisa kamu pakai saat video satu lawan satu. Dengan fitur ini, kamu bisa video call sambil mengirim tangkapan layar ke orang yang kamu ajak ngobrol.

Nah kalau yang sekarang lebih unik. Kamu nggak cuma bisa berbagi layar dengan orang lain. Kamu sekarang bisa bagikan layar sekaligus dengan suaranya. Contoh kamu sedang bermain game Super Mario, nah kamu bisa bagikan tampilan permainanmu ke orang lain lengkap dengan suara khas Super Mario.

Fitur Terbaru Lainnya

Selain fitur-fitur di atas, masih ada lagi beberapa fitur baru yang dibawa Telegram. Contohnya sekarang kamu bisa mengatur agar pesan Telegram otomatis terhapus setelah 1 bulan (sebelumnya, opsinya cuma 1 hari dan 1 minggu).

Telegram sekarang juga memungkinkanmu untuk mengedit foto/video sebelum dikirim lho. Kamu bisa menghias foto/video pakai gambar, teks hingga stiker. Agar lebih mudah saat menghiasnya, kamu bisa memperkecil atau memperbesar foto/video.

Tambahan dari Telegram masih ada lagi. Sekarang Telegram menghadirkan animasi baru untuk membuat tampilan kunci aplikasi jadi lebih hidup dan menarik. Saat kamu memasang latar animasi, dia juga bakal muncul di layar kunci passcode.

Pindah ke segi keamanan. Telegram kini telah menyajikan perintah baru di Pengaturan yang fungsinya untuk membantumu memasukkan kata sandi Verifikasi Dua Langkah. Kalau suatu saat nanti kamu lupa kata sandi Telegram, tenang. Ada pilihan setel ulang kata sandi  yang tetap berfungsi meski kamu nggak punya email pemulihan.

Terakhir khusus buat aplikasi versi iOS, ada beberapa fitur baru yang sayang kalau kamu lewatkan. Seperti emoji animasi baru, fitur teruskan pesan ke beberapa penerima, sampai peningkatan di kamera bawaan aplikasi berupa zoom 0,5x dan 2x.

%d blogger menyukai ini: