Fitur Baru “TikTok LIVE” Video Mirip Siaran Langsung Instagram

TikTok datangkan fitur video baru bernama “TikTok LIVE.” Apa sih TikTok LIVE itu, dan apa saja fitur-fitur yang ada di dalamnya?

Saat ini aktivitas live streaming bisa dilakukan di mana saja. Bisa via YouTube atau bahkan lewat fitur siaran langsung yang ada di Instagram.

Mengikuti jejak beberapa platform lainnya, TikTok kini resmi menghadirkan fitur “TikTok LIVE.” Sesuai namanya, fitur ini bakal memfasilitasi pengguna TikTok yang ingin melakukan live streaming.

Lalu apa yang menarik dari TikTok LIVE? Jadi di dalam TikTok LIVE, kamu bakal menemukan berbagai fitur seru. Seperti fitur untuk menjadwalkan live, fitur Q&A dengan penonton, dll.

Nah, kami akan bahas satu per satu. Dimulai dari fitur untuk menjadwalkan live bernama “LIVE Event.” Fitur ini baru diluncurkan di wilayah tertentu.

Sumber : TikTok

Lewat fitur ini, konten kreator bisa menjadwalkan, mengelola, dan mempromosikan video LIVE (dengan menempel stiker penghitung waktu mundur di video) mereka. Nanti, penggemar mereka bakal dengan mudah menemukan, mendaftar, menerima notifikasi, sampai mendapatkan pengingat saat LIVE akan dimulai.

Fitur TikTok LIVE yang selanjutnya adalah “Picture-in-Picture.” Dengan fitur ini, kamu bisa tetap nonton siaran langsung sambil melakukan aktivitas lain di smartphone (contohnya membalas obrolan grup di aplikasi chatting, dll). Fitur ini tersedia untuk semua pengguna iOS dan Android.

Sekarang kita ketemu dengan fitur “LIVE Together.” Fitur ini memungkinkan kamu melakukan siaran langsung dengan orang lain. Cara kerjanya mirip seperti di dalam siaran langsung Instagram.

Masih ada lagi fitur yang nggak kalah seru, yakni “LIVE Q&A” (pengembangan dari fitur Q&A yang sudah ada sebelumnya). Di fitur ini, konten kreator bisa melakukan live streaming sambil menanggapi pertanyaan dari penontonya secara real-time.

Sumber : TikTok

TikTok juga menghadirkan fitur lain seperti “Help for Hosts.”. Yakni fitur untuk menunjuk orang terpercaya, untuk mengelola komentar saat kreator sedang live streaming. Dengan begitu, konten kreator bisa lebih fokus buat melakukan siaran langsung deh.

fitur tiktok live
Sumber : TikTok

Ada juga fitur “Keyword Filter.” Sesuai namanya, fitur ini dapat menyaring kata-kata ‘kasar’ yang mungkin saja dilontarkan oleh penonton. Bisa dibilang, ini adalah salah satu fitur ‘anti-bullying’ bikinan TikTok.

fitur tiktok live
Sumber : TikTok

Fitur anti-bullying TikTok nggak cuma itu saja. TikTok juga membekali tools LIVE dengan peringatan komentar jahat (ditujukan untuk penonton).

Jadi nanti saat penonton ingin berkomentar buruk, TikTok bakal meminta mereka untuk mempertimbangkan lagi dampak dari komentar tersebut, sebelum mereka memposting komentar itu ke siaran langsung.

fitur tiktok live
Sumber : TikTok

Bukan cuma itu, dalam beberapa minggu lagi, TikTok kabarnya juga bakal menghadirkan opsi menonaktifkan penonton atau menghapus komentar jahat di LIVE.

TikTok juga bakal menghadirkan fitur “Top LIVE.” Lewat fitur ini, orang-orang bakal bisa nonton video LIVE terpopuler di halaman For You dan Following. Top LIVE bakal dibagi menjadi beberapa kategori seperti Chat (Q&A), Gaming, Talents, Fashion, dan Daily Life.

%d blogger menyukai ini: