TikTok Bakal Punya Fitur Q&A untuk Tanya Jawab Kreator ke Penggemar

TikTok akan hadirkan fitur baru bernama Q&A. Sesuai namanya, fitur ini bisa dipakai untuk tanya jawab antara kreator TikTok dan penggemarnya.

Selama ini, kreator TikTok selalu mencari cara agar dapat terus terhubung dengan penggemarnya. Namun selama ini hal tersebut hanya bisa dilakukan lewat komentar-komentar yang ada di setiap konten.

Berbeda dengan platform seperti Instagram, tempat selebgram bisa terhubung dengan penggemar lewat fitur โ€˜Ask Me Question.โ€™ Jadi selebgram bisa menjawab berbagai pertanyaan penggemar. Interaksi keduanya pun juga lebih efisien.

Sadar akan masalah tersebut, TikTok mencoba menghadirkan fitur baru Q&A untuk kreator. Seperti apa dan bagaimana cara kerja fitur tanya jawab ini?

Fitur Q&A TikTok Dipakai untuk Tanya Jawab

Hingga saat ini, cara kreator berinteraksi dengan pengguna masih ribet. Untuk menanggapi penggemar, kreator hanya bisa membalas komentar atau membuat video yang membahas pertanyaan itu.

Fitur akan Q&A hadir untuk membantu content creator. Konsultan media sosial, Matt Navara, adalah yang pertama kali menemukan fitur ini. Dia pun langsung mengunggah temuannya itu di Twitter.

Sesuai unggahan Matt Navara, tombol Q&A akan muncul di profil kreator. Di sini pengguna bisa mengajukan pertanyaan dan kemudian menunggu tanggapan dari si kreator. Tanggapan si kreator nantinya bisa berupa teks, video atau live streaming.

Fitur Q&A di Halaman Komentar – Sumber: Twitter/Matt Navara

Sebagai alternatif, penggemar juga bisa memakai fitur Q&A saat meninggalkan komentar di video si kreator. Penggemar hanya perlu klik tombol Q&A sebelum berkomentar. Nah, nantinya komentar mereka akan ditambahkan ke antrean pertanyaan si kreator.

Tampilan Q&A Saat Ingin Mengajukan Pertanyaan

Cara ini jelas lebih efektif. Kreator jadi bisa membaca dan menanggapi pertanyaan dengan lebih mudah. Kreator juga tidak perlu membalas komentar satu-satu.

Yang Dilihat Kreator Saat Ada Pertanyaan Masuk

Lewat fitur ini, kreator dapat memiliki kumpulan pertanyaan dalam satu daftar. Tidak ada batasan berapa banyak pertanyaan yang bisa diajukan ke kreator. Kreator pun tidak punya kewajiban untuk menjawab semuanya.

Sementara ini, hanya kreator dengan 10.000 followers atau lebih yang memiliki akses ke fitur Q&A. Namun sebelum itu, kreator harus ikut program uji coba di menu โ€˜Settingsโ€™ aplikasi. Fitur ini akan mulai diluncurkan ke lebih banyak kreator secara global dalam beberapa minggu lagi.

%d blogger menyukai ini: